TEMBILAHAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil), Riau sudah mengukumkan secara resmi jadwal dan formasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

Pemkab Inhil mendapatkan kuota CPNS dan PPPK yang tersebar di sekuruh unit kerja sebanyak 286 formasi

Pengumuman seleksi CPNS 2021 Pemkab Inhil dan seleksi PPPK 2021 Pemkab Inhil ini tertuang dalam surat Bupati Inhil Nomor: 810/BKPSDM/VI/1790 tentang Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), serta Nomor: 810/BKPSDM/VI/1791 tentang PPPK.

Kepala Badan Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Inhil, H Fauzar meminta kepada semua calon pelamar agar selalu memantau informasi seleksi CPNS dan PPPK Inhil formasi tahun 2021.

Informasi itu dapat dilihat melalui website https://inhilkab.go.id untuk info lengkap seleksi CPNS 2021 Pemkab Inhil dan seleksi PPPK 2021 Pemkab Inhil.

Selain itu, para calon peserta atau pelamar seleksi CPNS 2021 Pemkab Inhil dan seleksi PPPK 2021 Pemkab Inhil dipersilakan terlebih dahulu membuat akun pada situs https://sscasn.bkn.go.id.

“Persiapan diri dengan maksimal karena masih menggunakan sistem CAT BKN. Segala berkas harap dipersiapkan dan diunggah betul-betul sesuai jurusan dan formasi yang diinginkan,” saran Fauzar.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada seleksi CPNS 2021 Pemkab Inhil mendapatkan total sebanyak 286 formasi dari Menpan RB sebagaimana Surat Menpan RB Nomor: 368 tanggal 21 April 2021.

Rincian dari 286 formasi Seleksi CPNS 2021 Pemkab Inhil tersebut antara lain, tenaga PPPK guru sebanyak 147 orang, tenaga kesehatan 100 orang, tenaga teknis lainnya sebanyak 39 orang.

“Selanjutnya Panitia Seleksi Daerah melaksanakan proses Seleksi Penerimaan Pegawai Tahun 2021 sesuai jadwal yang telah diumumkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Fauzar menerangkan, formasi PPPK dibuka untuk guru dan pelaksanaannya dilakukan oleh Kementerian Pendidikan berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik).

“PPPK ini kita hanya mengumumkan petunjuk teknisnya saja, pelaksanaannya di ranah Kementerian pendidikan. Formasi kesehatan dan teknis lainnya tetap wewenang kita sebagai penyelenggara,” tandasnya.

Untuk diketahui, pengumuman rekrutmen CPNS dan PPPK Guru Kabupaten Inhil dimulai sejak 30 Juni -14 Juli 2021. Sementara, tahap pendaftaran dibuka di hari yang sama sampai dengan 21 Juli 2021.

Selanjutnya, tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi CPNS dijadwalkan pelaksanaannya pada 25 Agustus - 4 Oktober 2021. Namun, untuk jadwal pasti pelaksanaan seleksi PPPK Guru masih menunggu informasi dari Kemendikbudristek RI.

Penyelenggaraan seleksi CPNS dan PPPK Guru, khususnya saat pelaksanaan seleksi akan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Ketentuan bagi peserta seleksi harus mengikuti protokol kesehatan nantinya. Memakai masker jika perlu pakai (Faceshield), jaga jarak minimal satu meter dan menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan memakai sabun

Fauzar mengingatkan warga tidak mudah percaya dengan janji lulus dari oknum. Ia mengimbau kepada peserta atau pelamar Seleksi CPNS 2021 Pemkab Inhil tidak terpengaruh atau mempercayai pihak atau oknum yang menjanjikan kelulusan.

“Proses seleksi CPNS dan PPPK Pemkab Inhil dilaksanakan secara transparan dan akuntabel melalui sistem online yang tidak bisa diganggu gugat dan dipengaruhi,” pungkasnya, Kamis (1/7/2021).***