BENGKALIS, GORIAU.COM - Pemkab Bengkalis melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) tahun ini menyalurkan bantuan bibit sapi kepada kelompok peternak yang tersebar di tujuh kecamatan di seluruh kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Kepala Distanak H Arianto kepada sejumlah wartawan, Minggu (25/10/2015) menyebutkan, bantuan sapi yang diberikan meliputi kecamatan Mandau, Pinggir, Bukitbatu, Siak Kecil, Rupat Utara, Bantan dan Bengkalis. Untuk pendistribusian sapi bantuan tersebut, dilakukans ecara langsung oleh Distanak bersama rekanan pelaksana.

''Masing-masing kelompok menerima sapi untuk dibibitkan ditujuh kecamatan tersebut. Mayoritas sapi yang kita serahkan adalah sapi betina ditambah satu ekor pejantan. Sampai saat ini bantuan sudah disalurkan di enam kecamatan, tinggal kecamatan Bengkalis,'' ungkap Arianto.

Ketua LPTQ Bengkalis ini juga mencontohkan seperti di kecamatan bantan bantuan bibit sapi diserahkan di tujuh desa meliputi Desa Jangkang, Selatbaru, Pambang Pesisir, Kembung Baru, Papal, Mentayan dan Pasiran. Selain Desa Jangkang dan Selatbaru semuanya adalah desa pemekaran.

Di setiap desa di Bantan kata Arianto, masing-masing diberi bantuan satu kelompok dengan jumlah sekitar 10 orang. Para peternak yang menerima bantuan tersebut tetap kita monitoring keberadaan sapinya, karena penerima bantuan yang kita tetapkan berdasarkan kriteria. Dimana para penerima bantuan betul-betul masyarakat peternak.

''Harapan kita dengan bantuan ini, para peternak sapi mampu mengembangkan usaha ternaknya kedepan. Mereka kita awasi dan berikan bimbingan supaya nanti tidak ada lagi sapi yang mati atau dijual karena alasan ekonomi,'' tambah Arianto.

Sedangkan bantuan sapi untuk kecamatan Bengkalis, dalam waktu dekat atau paling lama awal-awal bulan November sudah sampai sehingga dapat langsung disalurkan kepada kelompok ternak penerima.

(ail)