PEKANBARU – Panitia Tour de Muara Takus 2022 akhirnya menambah kuota peserta karena meningkatnya minat dari pecinta olahraga sepeda tersebut.

''Awalnya 150 bagi kami sudah luar biasa, kita awalnya tidak punya ekspektasi tinggi. Namun pada hari ini bertambah terus yang daftar,” ujar Ketua ISSI Riau, Syahrial Basri, Selasa (1/11/2022).

Dikatakannya, penambahan ini menimbang tingginya antusias masyarakat mengikuti kegiatan TDM. Saat ini, tercatat 184 peserta umum dari dalam dan luar Negeri telah mendaftarkan dirinya mengikuti event ini.

Jumlah ini belum termasuk dengan peserta dari Kepolisian se-Provinsi Riau yang ikut serta memeriahkan acara ini.

“184 itu masyarakat umum dari 20 Provinsi yang ada di Indonesia dan dari luar Negeri, Malaysia. Di Kepolisian sendiri sudah 100 rider yang daftar jadi sudah hampir 300an,” ucapnya.

Untuk persiapan acara sendiri, Syahrial mengatakan sudah hampir mencapai 100 persen. Namun memang masih ada beberapa hal yang masih harus dipersiapkan lebih lanjut

“Tinggal kita menunggu beberapa item yang masih berproses, seperti perbaikan jalan, kesiapan dibeberapa pitstop. Intinya sekarang semua pihak sudah satu kesepahaman,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kedepannya akan dilaksanakan rapat lanjutan mengenai persiapan TDM ini bersama dengan Kepolisian Daerah Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Riau, maupun bersama pihak - pihak terkait lainnya.

Sementara itu, Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Joni Irwan mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik dan sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Namun begitu, Asisten III berpesan perlu adanya kesamaan persepsi dan sinergitas yang baik antara seluruh pihak terkait dan juga mewaspadai daerah - daerah rawan yang nantinya akan dilalui oleh para peserta TDM.

“Kami mendapat laporan di lapangan yang daerahnya perlu jadi keseriusan kita. Ada daerah yang bekas longsor, bahkan sudah diperbaiki ternyata terjadi lagi penurunan. Ini perlu diadakan perbaikan secara serius baik dari PU Provinsi maupun PU Kabupaten Kampar,” jelas Joni Irwan.

Joni Irwan berharap pihaknya bersama ISSI dapat terus aktif melakukan komunikasi terkait kedatangan para peserta TDM ke Bumi Lancang Kuning ini.

“Apalagi ada kedatangan peserta dari luar Negeri. Mungkin pihak - pihak Cukai perlu juga diikutsertakan, kemudian TNI. Tentu kedatangan mereka ini harus kita sambut dengan baik,” tutup Asisten III. ***