SELATPANJANG - Pemerintah Desa (Pemdes) Bantar, Kecamatan Rangsang Barat, Kepulauan Meranti langsung melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap puluhan warganya yang baru pulang dari luar daerah.

Sebagaimana disampaikan Kepala Desa Bantar, Mulyadi pengecekan ini dilakukan untuk mencegah sekaligus memutuskan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Warga itu baru semalam sampai di Bantar dan tadi kami pemerintah desa bersama bidan desa, kepala puskesmas anak setatah dan didampingi bhabinkamtibmas melakukan pengecekan suhu badan, alhamdulillah semuanya normal," ujar Mulyadi kepada GoRiau.com, Kamis (16/4/2020) siang.

Dijelaskan Mulyadi, adapun 10 orang tersebut baru saja pulang dari daerah terjangkit, sehingga tentu menjadi menjadi kekawatiran masyarakat setempat.

"Mereka itu baru pulang dari Pekanbaru, Karimun dan Medan. Jadi ini tentu menjadi kekawatiran warga sehingga kita pun langsung mengantisipasinya dengan melakukan pengecekan suhu tubuh," jelasnya.

Dirincikannya, kesepuluh orang tersebut yang pulang dari Pekanbaru sebanyak 5 (lima) orang yang terdiri mahasiswa dan masyarakat biasa, kemudian dari Karimun 2 (dua) orang yakni pekerja kapal Kargo, dan 3 (tiga) orang dari Medan (pekerja kasar atau buruh).

Dibeberkan Mulyadi, pemerintah desa tetap meminta kepada warga yang dilakukan pengecekan tersebut agar melaporkan kondisi kesehatannya selama 14 hari kedepan. Kemudian diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan pola hidup sehat selama masa isolasi mandiri ini.

"Kita sudah sampaikan kepada yang bersangkutan agar menahan diri dan untuk menjaga jarak dengan warga Desa Bantar khususnya dan Warga Meranti umumnya. Mudah-mudahan warga kita baik-baik saja dan dijauhkan dari segala wabah," ungkapnya. ***