SURABAYA - Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1 ) Surabaya, Senin (11/11/2019) melnggelar upacara dalam rangka memperingati hari Pahlawan 2019 dengan melibatkan seluruh siswa kelas X,XI dan XII beserta seluruh guru dan karyawan bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si yang berlangsung di halaman sekolah.

Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 diawali dengan laporan Komandan upacara diteruskan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur upacara di dampingi Gagas Rafli siswa kelas XI TPM- A sebagai komandan upacara, kemudian penaikan Bendera Merah Putih oleh Paskibra Paskal-1, pembacaan teks Pancasila oleh Irup dan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh siswa Ahmad Ardiyan kelas XI TPM- A.

Kepalas Sekolah yang baru satu minggu memimpin sekolah ini membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P Batubara. Dalam amanatnya, Mensos  menekankan dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan 3 pengorbanan para pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers, Bung Karno yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.''

Selain itu, Peringatan Hari Pahlawan bertujuan  membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan masa kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “ Aku Pahlawan Masa Kini “ dapat dibuktikan oleh siswa SMK KAL-1 dalam meraih prestasi yang sangat membanggakan. Yakni, Tim  dayung SMK Kal-1 sukses mengukir prestasi dengan menjadi juara Lomba Dayung Nasional “Jember Dragon Boad Festival Bupati Cup 2019” yang berlangsung di pantai Payangan ( Teluk Love) Jember, Jawa Timur, pekan lalu.

Prestasi lainnya juga di sumbangkan oleh Nur Afni Wulandari siswa kelas XII jurusan Teknik Audio Video ( TAV) , dimana siswa SMK KAL-1 ini menjadi satu-satunya perwakilan Pramuka wanita Saka Bahari Lantamal V, mewakili Jawa Timur,menuju Perkemahan Pramuka Bhakti Nasional (28 Oktober-1 November) 2019 di Cibubur.

Kedua siswa berprestasi tersebut secara simbolis menyerahkan Tropi dan Piagam kebanggaan untuk sekolahnya kepada Kepala Sekolah SMK KAL-1 seusai Upacara Peringatan Hari Pahlawan.

Menurut pamen melati dua di pundaknya yang saat ini menjadi Nahkoda di SMK KAL-1, keberhasilan siswanya dalam prestasi nasional menjadi kebanggan tersendiri. @kita berharap prestasi yang lain bisa dicapai di kemudian hari,” tuturnya. ***