PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Riau, mengalokasikan Rp115 miliar untuk pembelian paket sembako yang akan disalurkan bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

''Pemko Pekanbaru masih memvalidasi data masyarakat yang berhak menerima bantuan sembako seperti masyarakat miskin, masyarakat rentan miskin, Orang Dalam Pemantauan (ODP), keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan keluarga pasien positif Covid-19,'' kata Kabag Humas Setdako Pekanbaru, Irba Sulaiman, di Pekanbaru, Senin (20/4/2020).

Menurut dia, Pemko Pekanbaru kini berupaya mempercepat proses validasi data warga terdampak namun dijadwalkan sembako tersebut paling lambat disalurkan satu atau dua hari jelang Ramadhan agar penerima bisa diringankan beban ekonomi mereka.

Irba menjelaskan, dari pengumpulan data Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, terus divalidasi kembali terhadap data yang sebelumnya terkait ada juga warga yang sudah meninggal, pindah sehingga data merekan harus dicocokan lagi," katanya.

Ia menyebutkan sembako berupa beras yang akan disalurkan, sudah tersedia sebanyak 100 ton yang siap dipaker bersama jenis sembako lainnya yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

Selain beras, bahan pokok lainnya yang akan diberikan kepada warga terdampak berupa minyak goreng, telur, indomie, dan gula yang kini paket tersebut sedang dikemas dengan baik dan segera dibagikan.

Ia merinci warga rentan miskin dan terdampak Covid-19 yang akan menerima bantuan sekitar 25 ribu KK sedangkan data-data tersebut masih berada pada camat dan lurah. ***