DURI - Tepatnya di halaman Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Sabtu (16/4/2016) lalu menjadi hari pembukaan MTQ ke-42 Kecamatan Mandau. Berbagai persiapan telah dilaksanakan panitia secara matang demi mensukseskan malam pembukaan tersebut. Berhasil, puluhan ribu pasang mata masyarakat Duri dan sekitarkan menyaksikan kemeriahkaan pembukaan MTQ Kecamatan Mandau yang diketuai oleh Kompol Taufiq.

Acara Musabaqoh Tilawatil Quran kali ini akan menggelar 16-17 cabang lomba. "Nanti ada penampilan Qari tingkat Nasional. Terima kasih panitia MTQ Kecamatan Mandau kembali melaksanakan helat besar tahunan ini di komplek gedung LAMR," ungkap Ketua LAMR Mandau Dzulfikar Indra melalui Heri Budiman, SPdi Sekretaris LAMR Kecamatan Mandau kepada Tim Jurnalis SMPN 17 Mandau beberapa hari lalu, yang dilansir GoRiau.com.

Dijelaskan Heri yang juga pembawa acara pada malam pembukaan tersebut, gedung LAMR yang telah berdiri sejak tahun 2012 lalu telah beberapa kali menjadi tuan rumah untuk menyukseskan acara tahunan ini.

"MTQ Kecamatan ini adalah program tahunan pemerintah dan LAMR disini turut menyukseskan acara ini. InsyaAllah, nantinya pemenang tingkat kecamatan akan kembali bertanding ditingkat kabupaten. Ikut berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini, LAMR sebagai tuan rumah tidak hanya mempersiapkan tempat, tetapi menjadi bagian panitia acara," tambahnya.

MTQ Kecamatan Mandau yang akan berlangsung hingga 23 April 2016 mendatang ini, dengan tujuan untuk mencari bibit dan jawara yang handal dan mampu menjaga Al Quran. Selain itu juga sebagai ajang mengajak masyarakat untuk mengamalkan isi kandungan Quran.

"Sesuai dengan tema MTQ Kecamatan Mandau kali ini adalah, Melalui MTQ ke-42 Tahun 2016 Kecamatan Mandau, Mari Kita Aktifkan Maghrib Mengaji dan Amalkan Isi Kandungan Al-Qur'an  dan Jauhi Narkoba dan Pergaulan Bebas," tutupnya.

Sementara Ketua pelaksanaan Kompol Hidayat SH SIK yang juga selaku Kapolsek Mandau dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan ucapan terima kasih kapada semua pihak yang sudah turut membantu mensukseskan kegiatan MTQ ke-42 Kecamatan Mandau.

"Terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah bertungkus lumus dilapangan mempersiapkan pelaksanaan MTQ ini, terima kasih juga kepada ketua IKA-IKA yang ada di Mandau, Pemerintah Kecamatan Mandau dan Kabupaten Bengkalis, serta kepada perusahaan dan pihak sponsor yang sudah berpartisipasi dalam memberikan bantuan dana," imbuh Kompol Taufiq Hidayat pada sambutannya. ***