JAKARTA -- Osteoartritis (OA) merupakan kerusakan pada tubuh yang menyerang semua sendi. Penyakit ini tidak bisa dihindari seiring bertambah tingginya usia.

Dikutip dari Tempo.co, osteoartritis paling sering terjadi pada lutut, jari-jari, dan panggul. Keluhan utama adalah nyeri saat berjalan, menumpu, dan sebagainya. Umumnya, kondisi ini terjadi pada lansia.

Mengapa semua orang akan terkena penyakit ini? Dokter spesialis ortopedi, Asa Ibrahim, mencoba mengibaratkan sendi manusia dengan mesin yang akan tekor setelah dipakai puluhan tahun. Dia menuturkan penyakit ini disebabkan oleh proses penurunan fungsi organ tubuh seiring berjalannya waktu. Inilah alasan mengapa semua orang mau tidak mau akan mengalami penyakit ini. Meskipun umum terjadi pada lansia, faktanya penyakit ini justru sudah terjadi di usia muda.

''Masalah pada penyakit ini adalah sendi yang sudah terlanjur rusak tidak bisa kembali bagus lagi, hanya bisa diganti,'' kata Asa, melansir akun Instagramnya.

Selain faktor penuaan, ternyata ada beberapa hal yang justru dapat mempercepat kondisi kerusakan sendi lutut, bahkan di usia muda. Berikut di antaranya.

1. Patah tulang dekat sendi yang tak ditangani dengan baik

Pada umumnya, orang mengalami pengapuran persendian pada usia 60-70 tahun. Tapi, kondisi patah tulang ini bisa menyebabkan percepatan dalam kurun waktu kurang dari 3-5 tahun sejak kejadian.

''Lokasi patah tulang yang terjadi di dekat persendian dapat menimbulkan kondisi Post Traumatic Arthritis (OA), di mana sendi akan terasa kaku,'' jelas Asa.

Oleh karena itu, bila mengalami patah tulang, jangan ragu untuk ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Sering mengangkat beban berat

''Angkat beban berat sekali dua kali tidak apa-apa, tapi kalau banyak angkat berat, jalan jauh, bolak-balik terus setiap harinya, kerusakan sendi akan terjadi lebih cepat,'' Asa memperingatkan.

3. Obesitas

Orang dengan obesitas memiliki peningkatan risiko terjadinya osteoartritis sebesar 6-18 kali.

''Semakin berat badannya, semakin berat beban yang diterima lutut, dan akan semakin cepat rusak lututnya,'' kata Asa.

Saat ini, banyak pasien obesitas berusia 40-45 tahun memiliki kondisi lutut yang mirip dengan usia 65-70 tahun. Selain itu, kondisi obesitas juga meningkatkan risiko penyakit lain, seperti stroke dan serangan jantung. Jika tidak ada faktor risiko seperti yang sudah disebutkan di atas, osteoartritis biasanya akan terjadi pada usia lebih dari 55 atau 60 tahun.

''Yang terpenting adalah mengurangi beban lutut, dimulai dari menurunkan berat badan, mengurangi aktivitas yang memberatkan lutut, menggunakan tongkat untuk mengurangi beban, dan sebagainya,'' saran Asa.***