PANGKALANKERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan, Riau, mengoptimalkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta daya saing produk. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kesiapan daerah dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dalam menghadapi MEA, menurut Bupati Pelalawan, HM Harris, kemarin. Pemkab melalui Bappeda telah melakukan pemetaan dan pengkajian dalam membumikan MEA di daerahnya.

"Potensi kita banyak dan MEA harus dijadikan sebagai peluang. Tentunya, kita lakukan pembinaan dan pemberian bantuaan terhadap UMKM," terang Harris.

Dijelaskannya, pemetaan dan pengkajian diantaranya dalam peningkatan daya saing produk UMKM agar bisa bersaing diera perdagangan bebas.

"Melalui dinas terkait, juga dilakukan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Itu berupa pelatihan dan pendampingan bagi pelaku UMKM," katanya menjelaskan.

Diharapkan para pelaku UMKM bisa kuat dan mampu menembus pasar yang telah terbuka. Sehingga, ujar Harris, masyarakat tidak hanya sekedar objek pasar tetapi mampu menjadi produsen.

"Kita harus menjadi tuan rumah, bukan sebagai penonton di negeri sendiri. Kita tetap siap bagaimana pun ke depan," tutup Harris.(***)