PEKANBARU - Sebanyak 200 peserta pengurus Warung Teknologi (Wartek) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Wartek di aula Kantor Walikota Pekanbaru, Rabu (27/12/2017). Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas nilai tambah dan bobot hasil komoditas kegiatan masyarakat melalui teknologi tepat guna (TTG).

Kepala Bagian Bidang Pemberdayaan Trantibum dan Linmas Kota Pekanbaru, Erna Juwita mengatakan, Wartek ini merupakan salah satu langkah percepatan untuk menuju Kota Pekanbaru yang Smart City Madani.

"Dengan teknologi tepat guna dari hasil karya manusia yang bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bekerja dengan cepat dan lancar," jelas Erna Juwita di Pekanbaru, Rabu (27/12/2017).

Ia menuturkan, Bimtek Wartek ini juga merupakan upaya pengembangan pemahaman kemampuan masyarakat melalui penciptaan kondisi masyarakat yang mampu membangun diri dan lingkungan secara mandiri.

"Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memahami teknologi yang sederhana dan bernilai ekonomis agar masyarakat mampu mempertahankan dirinya di era globalisasi," harapnya.

Erna juga berharap agar para pengurus Wartek di seluruh kelurahan di Kota Pekanbaru lebih berperan aktif dalam meningkatkan peran serta dan terus menggali potensi yang ada di daerah masing-masing.

"Dengan begitu kita berharap akan ada peningkatan usaha bagi masyarakat. Apalagi yang telah memiliki usaha mikro baik kecil maupun menengah," pungkasnya. ***