SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar melakukan pencanangan Gerakan Tim Penggerak PKK Bebas Stunting dan Launching Sistem Deteksi Dini Cegah Stunting (Sidenting) di Kepulauan Meranti, bertempat di Kantor Desa Gogok, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Sabtu (17/7/2021).

Turut hadir Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM, Kepala Dinas Sosial Agusyanto, Kepala Dinas Disdukcapil, Ramdan, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Irmansyah, Kadis Kesehatan, Dr Misri Hasanto MKes, Ketua Tim Penggerak PKK Meranti, Hj Rinarni Adil, Sekretaris Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Erlina SPSi, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Meranti, Ny Isniatun Asmar, Camat Tebingtinggi Barat, H Said Jamhur, Plt Camat Tebingtinggi, Hery Kurniawan, Camat Pulau Merbau, Atan Ibrahim, Humas RAPP, Susilo Sudarman, dan lainnya.

Pencanangan Gerakan Tim Penggerak PKK Bebas Stunting dan launching Sidenting, dilakukan oleh Wabup Asmar, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK dan Sekretaris Daerah yang ditandai dengan pemukulan Gong.

Dalam sambutannya, Wabup Asmar, menegaskan Pemkab Meranti sangat serius menyikapi masalah penuntasan stunting di Kepulauan Meranti, untuk mensukseskannya berbagai upaya telah dilakukan dimulai dengan pembentukan tim penanggulangan Stunting Kabupaten yang tersebar hingga ketingkat Desa yang bertugas memberikan penyuluhan dan edukasi hingga penyaluran makanan tambahan bagi para ibu hamil, menyusui dan Balita stunting sendiri.

Untuk itu Wabup Asmar, sangat mengapresiasi kegiatan pencanangan Gerakan Tim Penggerak PKK Bebas Stunting dan launching Sidenting ini.

Ia berharap dengan penerapan inovasi aplikasi Sidenting yang dicanangkan tersebut dapat mendorong percepatan penanganan stunting di Meranti sehingga dapat dilakukan dengan tepat dan optimal.

Namun yang harus menjadi perhatian untuk penanganan masalah Stunting dikatakan Wabup Asmar, bukan hanya menjadi urusan Dinas Kesehatan juga dibutuhkan kerjasama dari semua pihak termasuk OPD dilingkungan Pemkab. Meranti serta keterlibatan pihak swasta melalui CSR-nya dalam mendukung suksesnya program pemerintah tersebut.

Dan yang tak kalah penting keterlibatan organisasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yakni Tim Penggerak PKK Kepulauan Meranti, Wabup Asmar meminta PKK Meranti dapat mengambil peran dalam penuntasan masalah stunting dengan memasukannya kedalam program prioritas.

Wabup Optimis dengan sinergitas semua pihak upaya Pemkab. Meranti dalam menekan dan menzerokan Stunting di Meranti dapat diwujudkan.

Sekedar informasi, dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan paket makanan tambahan sebanyak 1500 paket bantuan dari PT RAPP, untuk disalurkan ke daerah Locus Stunting se-Kabupaten Meranti.

Penyerahan bantuan paket makanan tambahan dilakukan secara simbolis oleh Ketua Tim Penggerak PKK Meranti Hj. Rinarni Adil, Wabup Asmar, Sekretaris Daerah, H Kamsol dan pengurus PKK lainnya kepada perwakilan para ibu hamil dan menyusui.

Serta penyuluhan kepada para remaja, ibu hamil dan menyusui terkait pencegahan Stunting yang disampaikan oleh Kadiskes Meranti, Dr H Misri Hasanto.***