PANGKALAN KERINCI -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melakukan normalisasi Sungai Kerinci di Kecamatan Pangkalan Kerinci yang mengalami penyempitan dan pendangkalan sebagai upaya pencegahan serta penanggulangan banjir di wilayah ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pelalawan, Awaluddin ST, Selasa (30/11/2021) mengatakan normalisasi Sungai Kerinci sudah selesai sepanjang 5,1 Km memakai ekskavator amphibi.

"Untuk arah me hilir dari Jembatan Kembar ke arah Sungai Kampar sudah selesai kurang lebih 5,1 Km," ungkapnya.

Namun kata Awaluddin, saat ini masih menunggu jadwal untuk kelanjutan normalisasi Sungai Kerinci yang rencananya disambung ke arah hulu sungai.

"Nanti dilanjutkan, dimulai dari Jembatan Kembar sampai ke Jalan Koridor Langgam, kita normalkan. Namun sekarang alat masih istirahat dulu," ujarnya.

Disampaikannya, Dinas PUPR Pelalawan sedang melakukan pengadaan untuk kendaraang pengangkut ekskavator amphibi milik Pemkab Pelalawan yang dibeli tahun 2020 dari PT Pindad.

"Sekarang lagi proses pengadaan truk self loader di Kabidnya, tentu kita menunggu itu juga. Karena kalau itu bergerak cukup rawan, kalau di jalan aspal bisa rusak," pungkasnya, kepada GoRiau.com.***