TELUKKUANTAN - Dedy Sambudi resmi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Ia dilantik dan diambil sumpahnya oleh Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby pada Senin (24/1/2022) malam di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing.

Dipilihnya Dedy Sambudi sebagai Sekda Kuansing menjadi kontroversi di tengah masyarakat Kuansing. Sebab, dari tiga calon Sekda yang lulus asesmen, dua orang merupakan putra daerah. Publik pun bertanya, mengapa Plt Bupati Kuansing memilih Dedy Sambudi yang notabene birokrat Kabupaten Kampar menjadi Sekda Kuansing?

Menjawab hal ini, Suhardiman menyatakan bahwa asesmen merupakan seleksi terbuka. Siapa saja yang daftar silahkan dan diuji oleh tim yang jelas dan tentunya alat ukur yang jelas.

"(Dedy Sambudi) terbaik nomor satu. Tentunya, alasannya cukup dari semua sisi, kompetensinya, kemampuan dia, dia sudah PIM dua juga, pengalaman sudah cukup lama. Saya hanya memutuskan saja, penentu tim asesmen," terang Suhardiman usai pelantikan.

Di masyarakat Kuansing, berkembang isu bahwa Suhardiman dan Dedy Sambudi merupakan teman, sudah berhubungan baik sejak lama. Karena itu, Dedy Sambudi dipilih sebagai Sekda Kuansing.

Isu tersebut langsung dibantah oleh Suhardiman Amby. Ia menegaskan bahwa baru kenal dengan Dedy Sambudi selama dua bulan.

"Saya baru kenal dua bulan, selama proses asesmen ini saja. Beliau birokrat ulung di Kampar," tegas Suhardiman.***