BANYUMAS -- Sebuah bus berplat AE 7282 UP menabrak mobil Daihatsu Xenia, Toyota Avanza dan Honda Brio, di jalan lintas Banyumas - Purbalingga, tepatnya di Desa Banjarsari Kidul, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu malam (23/6/2021).

Dikutip dari Sindonews.com, akibat tabrakan tersebut mobil Xenia hancur dan 6 orang sekeluarga yang ada di dalamnya meninggal dunia seketika di lokasi kejadian. Mereka diduga tewas karena terluka parah akibat terjepit.

Polisi dibantu warga kesulitan mengeluarkan korban yang tewas dari mobil Xenia yang ringsek parah.Dengan alat seadanya, akhirnya polisi dan warga berhasil melakukan evakuasi terhadap para korban. Para korban kemudian diangkut ke rumah sakit menggunakan ambulans.

''Kejadian bermula saat bus yang melaju dari arah Purbalingga ini berusaha menyalip sepeda motor di depannya, namun saat motor memperlambat lajunya bus banting setir ke kanan dan menabrak kendaraan Xenia dan dua mobil di depannya, Honda Brio dan Avanza. Sehingga kecelakaan pun tak terhindarkan,'' kata Kanit Lakalantas Polresta Banyumas Iptu Manggala.

Kendaraan yang bertabrakan dengan bus, 2 di antaranya adalah rombongan dari 4 mobil dalam satu keluarga dari Rawalo Banyumas yang akan melakukan syukuran ke Purbalingga.

''Korban tewas adalah penumpang mobil Xenia. Para korban terjepit bodi mobil yang ringsek ditabrak bus,'' terangnya.

Kasus kecelakaan yang merengut 6 nyawa itu masih dalam penyelidikan Polresta Banyumas. Gelar perkara secara tertutup juga digelar untuk memastikan penyebab utama kecelakaan.

Gelar perkara secara tertutup ini dipimpin Kasatlantas Polresta Banyumas, Kompol Ary Prayitno. Usai melakukan gelar perkara secara tertutup, polisi menetapkan sopir bus maut tersebut sebagai tersangka.

Menurut Ary, sopir bus maut menjadi tersangka karena dianggap lalai dan menyebabkan korban luka berat, hingga meninggal dunia.

Pengemudi bus juga telah diamankan dalam kondisi luka-luka. Bus yang menabrak tiga kendaraan sekaligus tersebut, saat ini telah diamankan di Polresta Banyumas, sebagai barang bukti.

Kondisi bus rusak parah pada bagian depan. Sementara, tiga kendaraan yang ditabrak kondisinya rusak parah, bahkan Xenia kondisinya hancur.***