JAKARTA -- Bagi anda yang punya kebiasaan minum kopi sebelum sarapan, disarankan menghentikan kebiasaan tersebut. Sebab, bisa membahayakan kesehatan.

Dikutip dari Kompas.com, hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal British Journal of Nutrition, menjelaskan, minum kopi sebelum sarapan pagi bisa menganggu metabolisme tubuh secara akut.

''Sebaiknya mengonsumsi kopi sehabis sarapan pagi, apalagi setelah tidur malam yang buruk untuk menyeimbangkan efek stimulasi kopi dengan potensinya mengganggu metabolisme glukosa,'' kata seorang peneliti di Center for Nutrition, Exercise & Metabolism University of Bath, Harry Smith kepada Inverse.

Untuk mengetahui bagaimana kualitas tidur malam dan kopi pagi sebelum sarapan memengaruhi metabolisme, peneliti mengikutsertakan 29 pria dan wanita sehat sebagai partisipan.

Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi kopi hitam setelah tidur tidak nyenyak, secara substansial meningkatkan glukosa darah saat sarapan sekitar 50 persen.

Memang hasil ini tidak serta merta membuat seseorang berisiko terkena diabetes atau gangguan metabolisme lainnya, tetapi para peneliti mengatakan hal itu tetap dapat memengaruhi kesehatan secara perlahan.

''Penelitian tersebut memprediksi kejadian kardiometabolik di masa depan. Dan respons yang berulang dalam jangka waktu yang lama tentunya dapat berdampak pada kesehatan, seperti berkurangnya sensitivitas insulin,'' jelas Smith.

Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa minum kopi setelah kualitas tidur malam yang buruk tidak dapat membuat tubuh mentolerir gula dalam sarapan.

Sebab, kafein yang terkandung dalam biji kopi memiliki efek negatif pada sensor di otot yang membantu mengeluarkan glukosa dari darah, sehingga menghasilkan respon glukosa darah yang lebih tinggi.

Kafein juga merangsang pelepasan lipid lebih besar ke dalam darah yang berdampak negatif pada kemampuan otot kita untuk mengeluarkan glukosa dari darah.

''Jika minum kopi berkafein sebelum sarapan dilanjutkan dalam waktu yang lama, ada kemungkinan hal ini memiliki implikasi kesehatan jangka panjang,'' terangnya.

''Namun, jam tubuh kita juga mungkin menyesuaikan dengan lonjakan glukosa darah di pagi hari,'' lanjut dia.

Lebih banyak uji klinis secara acak sangat diperlukan untuk mengetahui dengan tepat bagaimana rutinitas minum kopi memengaruhi fungsi metabolisme harian.***