KAMPAR – Pemerintah Kabupaten Kampar, Riau meraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) karena memiliki mobil ambulans terbanyak di Indonesia.

Penghargaan ini diterima Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto pada penyerahan 242 unit mobil ambulans dari Ketum Muri melalui Customer Relation Manager Muri Andre Purwandono di Lapangan Pelajar Bangkinang, Jumat (20/5/2022).

Tercatat Kampar memiliki sebanyak 242 ambulans. Semua dihadirkan di lapangan pelajar, lengkap bersama kepala desa masing-masing.

Acara itu disaksikan Ketua DPRD Kampar, M Faisal, Sekda Yusri, Kapolres Rido Purba, Dandim 0313/KPR Letkol (Kav) Mulyadi, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan kepala dinas. 

Program ambulans satu desa satu ambulans ini dilaksanakan sejak kepemimpinan Bupati Kampar Azis Zaenal (alm) dilanjutkan oleh Catur Sugeng Susanto sebagai wakilnya yang menggantikan posisinya menjadi Bupati Kampar.

Catur menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas PMD, dinas kesehatan, kominfo dan para kepala desa atas terselenggaranya rekor Muri bidang kesehatan di Kabupaten Kampar. 

"Walaupun hanya tinggal dua hari masa jabatan saya sebagai Bupati Kampar, alhamdulillah ini kado terakhir masa jabatan saya untuk masyarakat Kabupaten Kampar. Semoga ini bisa terus bermanfaat bagi masyarakat dalam pelayanan kesehatan secara gratis," ujarnya. 

Sementara itu apresiasi juga langsung di sampaikan Gubernur Riau, Syamsuar melalui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Abidin. Dimana di Provinsi Riau sendiri, masih banyak daerah yang memiliki anggaran besar dari Kampar. 

Akan tetapi sambungnya, baru Kabupaten Kampar satu-satunya daerah yang bisa melaksanakan Puskesmas buka 24 jam termasuk pada Sabtu dan Minggu. 

Bukan itu saja, hari ini Kampar juga bisa memecahkan rekor Muri mobil ambulans setiap desa atau 242 unit ambulan untuk 242 desa yang ada di Kabupaten Kampar. 

Sementara itu, Customer Relation Manager Muri Andre Purwandono usai penyerahan penghargaan menyampaikan ucapan selamat kepada Kabupaten Kampar atas raihan rekor Muri tersebut. 

Sebelumnya rekor Muri ini telah diraih Kabupaten Tulang Bawang dengan 50 unit, sementara Kabupaten Kampar sebanyak 242 unit ambulans.***