PEKANBARU, GORIAU.COM - Satu jamaah haji Riau yang meninggal dunia atas nama Warnita Habib Basa (57) pada Kamis (24/9/2015) pekan lalu akhirnya dimasukkan menjadi korban Tragedi Mina.


Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Warnita yang merupakan jamaah haji asal Rumbai, Pekanbaru, Riau dan tergabung dalam kloter 4 embarkasi Batam, meninggal setelah melaksanakan lempar 'jumrahtul aqobah' pukul 9.00 Waktu Arab Saudi (WAS).


"Sementara tragedi Mina terjadi pukul 7.30 WAS," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Riau, Muhammad A Azis, Rabu (30/9/2015).


Berdasarkan informasi yang didapat dari petugas kloter menyatakan, dia beserta suami Jasman (69), telah meminta izin untuk keluar tenda melaknakan wajib haji yakni melempar jumrah.


Setelah mereka melontar jumrah aqobah, katanya, almarhum terlihat kelelahan. Sehingga dalam perjalanan pulang menjadi terhenti karena ia langsung pingsan dan dibawa ke rumah sakit terdekat bersama suami sebagai pendamping.


Rumah sakit yang dimasuki Warnita bersamaan dengan korban Tragedi Mina baik meninggal dunia atau menjalani perawatan karena menderita sakit.


Sampai malam hari, lanjutnya, dia masih mendapatkan infus dari dokter setempat dan petugas haji di Arab Saudi menyuruh Jasman untuk kembali serta petugas mengirim si suami balik ke tenda.


"Saat suami tinggalkan isteri, Warnita masih di infus atau masih hidup. Jadi mungkin dia meninggal malam hari. Jenazah Warnita ditemukan bersamaan dengan korban tragedi Mina, sehingga diputuskan ia menjadi korban meninggal," katanya.


Pihaknya langsung menjelaskan sebab dan musabab meninggal dunia Warnita kepada pihak keluarga sedetail mungkin kepada pihak keluarga Warnita karena ia berasaldari Kota Pekanbaru.


"Diberitakan seperti itu, padahal sebenarnya tidak demikian. Tapi, kita sudah menjelaskan ke keluaraga dan mereka tidak ada masalah. Karena kita jelaskan sedetial mungkin," ucap Azis.


Berdasarkan data Kemenag Provinsi Riau musim haji tahun ini, sampai saat ini terdapat 9 orang jamaah meninggal dunia di Tanah Suci, sehingga 4.017 orang jamaah haji bakal kembali ke Tanah Air dari total diberangkatakan 4.026 orang.***