PADANG - Kegiatan Komodo 2016 yang berisikan berbagai kegiatan dengan empat acara internasional di Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar akan dilangsungkan tanggal 12 hingga 16 April 2016. Panitia Pelaksanan lokal terus melaksanakan rapat persiapan guna memberikan kenyamanan pada tamu-tamu asing mancanegara yang datang mengikuti acara.

Berikut jadual inti acara yang berlangsung selama lima hari itu:

Pada 10 April nanti, acara penyambutan kedatangan seluruh delegasi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) serta 'Ice Breaking' di Pangeran Beach Hotel pada 11 April malam harinya.

Puncak kegiatan MNEK akan diawali pada Selasa (12/4/2016). Kawasan Pantai Muaro Lasak menjadi tempat fokus tujuan acara. Yakni peresmian sekaligus penandatanganan Monumen Merpati Perdamaian oleh Presiden RI dengan seluruh delegasi negara peserta. "Monumen ini sudah disiapkan oleh Lantamal II," ungkap Nasir Ahmad.

Selain itu di hari yang sama juga digelar pertandingan eksebishi 'Beach Soccer' yang diikuti seluruh peserta MNEK. Lapangan di Pantai Muaro Lasak juga tengah disiapkan. "Kawasan ini dan Danau Cimpago nantinya akan kita sterilkan," beber Sekda.

Danau Cimpago nantinya juga akan dijadikan lokasi finish kirab kota. Dimana kirab ini dimulai dari depan Kantor Gubernur Sumbar hingga Danau Cimpago. "Jalur kirab seperti di jalan A. Yani, Olo Ladang, Purus Tiga hingga Danau Cimpago akan dibenahi dan dikosongkan. Di Danau Cimpago juga akan ada panggung yang menerima seluruh pasukan kirab," sebut Sekda.

Kegiatan City Tour juga dilaksanakan pada hari yang sama. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengunjungi Museum Adityawarman, Jembatan Sitti Nurbaya, Klenteng, Masjid Raya Sumbar, serta lokasi lainnya.

"Termasuk, sebanyak 500 siswa SMA/SMK akan melakukan 'joy sailing' dengan KRI Bintuni di Teluk Bayur," ungkap Nasir Ahmad.

Pada Rabu (13/4), dilakukan Festival Marandang di Danau Cimpago. Pada malam harinya juga akan ada panggung prajurit di lokasi ini. "Ini merupakan bagian penting yang mesti kita siapkan," papar Sekda.

Begitu pula dengan kegiatan eksebishi selaju sampan di Banda Bakali serta Fun Bike. "Untuk fun bike ini memulai star dari Grand Inna Muara Hotel menuju Muaro Lasak dengan panjang jarak tempuh sekitar 4,5 Kilometer," tutup Sekda. (Charlie/Mursalim)