TELUKKUANTAN – PT Kamparindo Agro Industri didemo oleh masyarakat Desa Muara Tiu Makmur dan Muara Petai, Kecamatan Pucukrantau, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Jumat (24/6/2022). Aksi unjuk rasa dilakukan setelah pihak perusahaan tak kunjung merespons tuntutan masyarakat setempat.

"Sebelum ini, kami sudah melayangkan surat tuntutan ke perusahaan, hingga hari ini belum ada tanggapan. Karena itu, kami menggelar aksi unjuk rasa," ujar Putra, tokoh muda Muara Tiu Makmur yang memimpin aksi unjuk rasa.

Sebagai masyarakat tempatan, lanjut Putra, mereka menuntut agar perusahaan memprioritaskan tenaga kerja lokal. Begitu juga dengan pemborong yang seharusnya mengutamakan masyarakat tempatan.

"Begitu juga dengan program CSR-nya, sampai sekarang belum jelas bentuk komitmen dengan masyarakat tempatan. Kami minta, pihak perusahaan segera duduk bersama kami, jika tidak maka kami akan turun lagi," ujar Putra.

PT Kamparindo Agro Industri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pabrik kelapa sawit (PKS). Saat ini, PKS tersebut masih dalam tahap pembangunan yang sudah mencapai 80 persen.

Karena tidak ada kejelasan kontribusi terhadap masyarakat, maka masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Muara Tiu Makmur dan Muara Petai melayangkan surat ke PT Kamparindo Agro Industri. Camat Pucukrantau pun sempat melakukan mediasi kedua belah pihak. Namun, belum ada hasil yang memuaskan.

Pada aksi kemaren, pihak perusahaan berjanji akan duduk bersama masyarakat. Masyarakat memberi waktu 3x24 jam bagi perusahaan untuk merespons tuntutannya.

"Jika 3x24 jam tak ada realisasi, maka kami akan turun dengan massa yang lebih banyak lagi," tutup Putra.***