JAKARTA - Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta pemerintah menyampaikan hasil evaluasi PPKM Darurat 3-20 Juli 2021 sebelum kebijakan restriktif itu diperpanjang hingga akhir Juli.

"Harus dipaparkan apa saja dampak positif PPKM Darurat yang sudah dirasakan hingga saat ini. Meski dampak positifnya katakanlah masih kecil, tetap harus disampaikan agar masyarakat yakin kita sudah di jalan yang benar," kata Puan dalam pernyataan resmi yang diterima GoNEWS.co, Sabtu (17/7/2021).

Ketua DPP PDIP itu berpandangan, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah perlu dikuatkan. Ini juga akan mendorong peningkatan kepatuhan terhadap kebijakan yang ditetapkan.

"Saat-saat ini adalah hal yang paling krusial agar PPKM Darurat berikutnya bisa berjalan efektif. Pemerintah jangan sampai menyia-nyiakan kepercayaan rakyat ini," kata Puan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menko PMK RI, Muhadjir Effendy pada Jumat mengungkapkan, telah ada keputusan dari Presiden Jokowi bahwa PPKM Darurat diperpanjang hingga akhir Juli 2021.

"Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti di Sukoharjo, sudah diputuskan Bapak Presiden (PPKM Darurat, red) dilanjutkan sampai akhir Juli," kata Muhadjir, kemarin.***