SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengaku senang setelah mengetahui pembangunan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) di Kecamatan Sungai Apit sudah masuk Rencana Pembangunan Jangka Menegah (RPJM) Presiden Jokowi tahun 2014-2019.

"Agar pembangunan KITB ini segera terealisasi, kita terus berupaya melobi pemerintah pusat. Lahan seluas 600 hektare untuk kawasan pelabuhan industri itu sudah kita siapkan. Tinggal keseriusan pusat agar segera memulai pembangunannya," kata Syamsuar saat dihubungi GoRiau.com, Rabu (14/1/15).

Bupati mengatakan, dirinya bersama pejabat terkait baru saja menggelar rapat dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dalam rangka mewujudkan serta meningkatkan investasi di KITB.

"Kita membahas persiapan KITB dan mohon dukungan Pemerintah Pusat agar membantu pembangunan infrastruktur jalan dari Buton-Pekanbaru yang lebih baik. Kemudian juga mempromosikan serta ikut membantu memfasilitasi semua Kementerian terkait berkenaan dengan regulasi dan pembangunan KITB agar secepatnya terwujud," jelas Bupati.

Apabila nantinya KITB beroperasi, lanjut Syamsuar, tentu memberi dampak positif bagi Kabupaten Siak. Selain mengangkat perekonomian masyarakat, keberadaan KITB nantinya akan menambah pendapatan daerah.

"Kalau kita hanya berharap dengan Dana Bagi Hasil Migas, semakin tahun selalu ada pengurangan. Keberadaan KITB nantinya bisa mengatasi berbagai persoalan, termasuk bertambahnya pendapatan daerah. Makanya kita terus mendorong pusat agar secepatnya merealisasikan pembangunan KITB, kalau bisa dalam tahun ini," pungkas Bupati.(nal)