PEKANBARU - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Riau, Asri Auzar mengakui sampai hari ini belum ada proses Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap anggota DPRD Riau, almarhum Noviwaldy Jusman yang meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2020 silam.

Dikatakan Asri Auzar, tak elok rasanya jika proses PAW dilakukan saat ini karena DPRD Riau maupun DPD Demokrat Riau masih dalam suasana berkabung atas meninggalnya politisi yang kerap disapa Dedet tersebut.

"Ini sebenarnya tak elok saya jawab, karena tanah almarhum masih merah. Tapi jika ada yang bertanya, tentu mau tidak mau pergantian harus tetap dilakukan," kata Wakil Ketua DPRD Riau ini, Rabu (1/7/2020).

Jika suasana kedukaan sudah mulai memudar nantinya, DPRD Riau, lanjut Asri, pasti akan memproses PAW almarhum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Mekanismenya, dijelaskan Asri, DPRD Riau akan menyurati DPD Demokrat Riau dengan melampirkan surat keterangan meninggal dunia, selanjutnya DPD Demokrat Riau akan meneruskan ke DPP.

DPP Demokrat kemudian mengirimkan surat kepada DPRD Riau, barulah DPRD Riau menyurati KPU Riau sebagai penyelenggara pemilu dan pemegang data perolehan suara Pileg 2019 lalu. Mekanismenya akan merujuk pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2017.

Dari KPU nanti akan lahir Surat Keputusan (SK) penunjukkan pengganti Noviwaldy sebagai anggota DPRD Riau fraksi Demokrat. DPRD Riau kemudian melakukan pelantikan dan pembacaan sumpah anggota DPRD Riau di kantor DPRD Riau.

Disinggung mengenai nama siapa pengganti Noviwaldy, Asri mengaku tidak enak menyebutkan namanya dan menyerahkan sepenuhnya kepada KPU Riau.

Berdasarkan penelusuran GoRiau.com, dari hasil rekapitulasi KPU nomor urut dibawah Noviwaldy adalah Syahroni Tua.

Berikut perolehan suara Caleg Demokrat untuk kursi DPRD Riau di Dapil Kota Pekanbaru Pemilu Legislatif 2019 :

Suara partai : 8326

1. Noviwaldy Jusman : 17.132

2. Suratiny Sulesdianingrum : 1.555

3. Agung Nugroho : 27.527

4. Desmianto : 1.986

5. Indra Rukmana : 3.970

6. Yuliawati : 4.759

7. Syahroni Tua : 6.954

8. Dewi Purnama : 404

9. Bambang Rumnan : 1.876. ***