PEKANBARU - Meski sudah memiliki sejumlah agenda kegiatan yang dirumuskan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Riau, nyatanya masih ada saja sejumlah anggota DPRD Riau yang 'malas' hadir ke kantor.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau, Sukarmis, membenarkan adanya anggota yang masih 'malas' hadir ke kantor DPRD Riau, padahal permasalahan ini sudah sampai di rapat antar fraksi.

"Sudah pernah kami panggil ketua fraksi, permasalahan yang tak hadir ini. Kita buat komitmen sama ketua fraksi terkait persoalan ini," kata Mantan Bupati Kuansing dua periode ini kepada GoRiau.com Senin (3/8/2020).

Nyatanya, sampai hari ini masih ada anggota DPRD yang tidak disiplin, dan Sukarmis menegaskan dirinya tak bisa langsung menegur anggota yang bersangkutan karena itu kewenangan fraksi.

"Tapi masih tak berubah, itu fraksi lah, bukan BK. Kita sudah serahkan ke fraksinya. Tak bisa kita menegur langsung, kita punya etika, sudah ada teguran," tuturnya.

Disinggung sejumlah nama yang sangat jarang terlihat di kantor DPRD, Sukarmis meminta anggota DPRD Riau tersebut bisa menjalankan amanahnya sebagai wakil rakyat dengan sebaik-baiknya.

"Mungkin dia tak sehat, atau ada urusan keluarga. Tapi ya mudah-mudahan dia mengerti lah," tutupnya. ***