SELATPANJANG, GORIAU.COM - Rencananya Bulan Maret 2015 mendatang, sebanyak 40 desa se Kabupaten Kepulauan Meranti serentak akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades). Diharapkan Badan Permusyawaratan Desa (BDP) dapat menindaklanjuti proses pemilihan dengan baik, agar berjalan aman dan lancar.


Hal itu sebagaimana disampaikan Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi saat melantik BPD se Kecamatan Rangsang Pesisir di Kantor Desa Kayu Ara, Kecamatan Rangsang Pesisir, Selasa (27/1/2015). Ada beberapa anggota DPRD yang dilantik serentak sesuai SK Bupati yakni, diantaranya BPD Desa Kayu Ara, BPD Desa Beting, BPD Desa Kedaburapat, BPD Desa Sonde, BPD Desa Bungur, BPD Desa Sokop, BPD Tanah Merah dan BPD Desa Tanjung Kedabu. 
Pelantikan anggota BPD se Kecamatan Rangsang Pesisir ini dinilai penting oleh Bupati dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan di Kecamatan Rangsang Pesisir. Terlebih lagi pada tahun 2015 ini, akan dilakukan pemlihan 7 Kepala Desa (Kades) dan BPD sebagai Badan yang mengelola proses pemilihan itu hendaknya dapat melaksanakan seluruh tahapan pemilihan dengan baik.
"Diharapkan pemilihan dapat berjalan lancar, dan BPD dapat menindak lanjuti proses pemilihan dengan baik, agar berjalan aman dan lancar," ujar Bupati.
Rencananya pula, pemilihan Kades di 7 Desa se Rangsang Pesisir, akan dilaksanakan serentak dengan 33 Desa lannya se Kabupaten Meranti yakni pada bulan Maret 2015 mendatang.
Diingatkan Bupati, BPD sebagai mitra Kepala Desa hendaknya dapat bekerjasama dan saling mendukung.
"Angota yang terpilih harus dapat bekerjasama dengan baik dengan Kepala Desa yang terpilih karena merupakan hasil pemilihan demokratis masyarakat," ujar Bupati lagi.
Sementara menyangkut pelaksanaan pemilihan Kades, Bupati meminta lakukan seleksi dengan baik demi didapatnya Kades yang kompeten yang mampu membangun desa. "jangan sampai muncul calon yang tidak kompeten yang ada kepentingan-kepentingan lain, berilah pemahaman pada masyarakat," ucap Bupati.
Demi suksesnya pemilihan Kades perlu partisipasi masyarakat, Bupati meminta masyarakat memilih Kades dengan merujuk kepada kemampuanya jangan karena faktor lain seperti karena jawan, keluarga dan lain hal.(hms)