BENGKALIS, GORIAU.COM - Markas Komandan Distrik Militer (Makodim) 0303 Bengkalis diresmikan penempatannya oleh  Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima, Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto, Kamis (2/10/2014).

Acara peresmian yang dikemas dalam kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Pemkab Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak dan Rohil ini, ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng ini digelar bergaya militer, dipimpin Dandim 0303 Bengkalis Letkol Arhanud Wachyu Dwi Haryanto.  Empat perwakilan wilayah tugas Kodim 0303 Bengkalis, yakni Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hilir dan kabupaten induk Bengkalis hadir dalam peresmian tersebut.

Sebagai Komandan Distrik Militer yang baru dan pertama kali, Danrem 031/Wirabima, Brigjend Prihadi Agus Irianto meminta kepada Dandim 0303 Bengkalis, Letok (Arh) Wachyu Dwi Haryanto untuk banyak belajar serta pahami karakter masyarakat. Dandim juga diminta merangkul seluruh elemen dalam upaya mendukung tufoksinya selama bertugas di Bengkalis.

''Dimana-mana kalau yang pertama ini selalu menjadi kebanggaan dan sebutan banyak orang. Selama ini saudara bertugas di Pekanbaru, kanan kirinya tanah keras dan jalur lintas Sumatra. Sekarang saudara di wilayah pesisir, kanan kini air asin. Pahami karakter masyarakat, banyak bertanya dengan para tokoh dan yang paling penting bangun sinergitas dengan semua komponen,'' pinta Danrem.

Sebagai markas baru, Kodim 0303 Bengkalis kata Danrem diibaratkan bayi yang baru lahir. Selayaknya seorang bayu yang baru lahir, ianya membutuhkan asupan gizi yang baik agar tumbuh kembangnya menjadi sehat dan cergas.

''Untuk itu saya berharap, pak Bupati, bapak-bapak kepala SKPD untuk bisa membantu si anak bayi ini agar tumbuh menjadi anak yag sehat dan kuat,'' terangnya.

Dalam kesempatan itu, Danrem juga menceritakan sejarah panjang berdirinya Kodim 0303 di Bengkalis. Mulai dari proses pendirian bangunan hingga pengajuan perohonan dan berbagai tahapan lainnya. ''Alhamdulillah, hari ini kita bisa menempati gedung ini, walau masih banyak sarana dan prasaranan yang harus kita lengkapi,'' ujarnya.

Pesan penting lain yang diingatkan Danrem, agar jajaran Kodim 0303 Bengkalis bekerja dengan ikhlas. Pekerjaan yang dilandasi dengan niat keikhlasan, niscaya akan diberkahi oleh Allah SWT.

Dicontohkan, ketika tim penanggulanan Karhutla melakukan pemadaman di wilayah Riau beberapa waktu lalu. Tim yang dibangun cukup sinergi itu mendaat apresiasi langsung dari Wakil Presiden dan Menhut.

''Bangga kita, ketika Pak Wapres dan Menhut menunjuk kita sebagai percontohan daerah lain dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan. Semua ini berkat kerja keras kita, ikhlas dan sinergitas yang mantap,'' ujar Danrem lagi.(jfk)