PEKANBARU, GORIAU.COM - Walikota Pekanbaru Firdaus MT dan Ketua Harian Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Riau A Tambi, mendapat gelar Warga Kehormatan dari Komando Paskhas dalam upacara militer, Kamis (27/2/2014) malam, di Markas Komando Paskhas 462 Pekanbaru.

Gelar tersebut diberikan kepada dua putra terbaik Riau ini, karena dinilai memberi kontribusi besar bagi Paskhas, terutama Paskhas 462 Pekanbaru.

Upacara ini langsung dipimpin Komandan Korps (Dankor) Paskhas Marsekal Muda TNI M Harpin Onde, di dampingi Danyon Paskhas 462 Letkol Pasukan Agustriono, Danlanud Pekanbaru, beserta unsur Muspida lainnya.

Sebelum penyematan brifet dan pemakaian baret Paskhas, upacara resmi ini dibalut dalam upacara resmi militer, yang hanya diterangi obor di sekeliling markas lapangan Paskhas 462 dan beberapa kali tembakan ke udara.

Hal tersebut menandakan, Wako dan A Tambi sudah resmi menjadi warga Kehormatan Paskhas hingga ke depannya. Komandan Korps (Dankor) Paskhas Marsekal Muda TNI M Harpin Onde mengatakan, warga Riau, khususnya Pekanbaru harus berbangga. Sebab, penyematan Warga Kehormatan ini dilakukan tidak sembarangan.

Pemilihannya dilakukan secara selektif, dengan banyak pertimbangan. Sebab, bagi warga yang sudah diberikan gelar ini, dipastikan menjadi keluarga Paskhas.

Adapun keriteria penyandang gelar kehormatan ini, mereka yang secara kontineu memberikan sumbangsih, baik pikiran, waktu dan moral kepada pembinaan Paskhas.

Untuk Walikota Firdaus sendiri, gelar ini sengaja diberikan karena perhatiannya kepada Paskhas 462 Pekanbaru, terutama dalam mendorong pelaksanaan operasional, sehingga memotivasi dan membantu pekerjaan pasukan.

Sementara untuk A Tambi, gelar ini diberikan karena sudah banyak membantu Paskhas, terutama dalam pembinaan dan melatih cabang olahraga taekwondo. Di mana beberapa anggota Paskhas sudah banyak mengukir prestasi.

Baik di level lokal, regional maupun tingkat nasional. Bahkan beberapa di antaranya, anggota Paskhas tampil di pesta multi event PON tahun 2012 lalu. "Maka dengan pertimbangan tersebut, kedua warga Pekanbaru ini, dengan seleksi ketat kita berikan gelar Kehormatan ini," tegas Dankor Paskhas Harpin Onde.

Dia berharap, dengan pemberian gelar kehormatan ini, bisa memberi manfaat bagi korps Paskhas ke depannya. Walikota Firdaus mengaku senang dengan pemberian gelar ini. Dia berjanji akan terus memerhatikan Paskhas ke depannya, dan jajaran Pemko Pekanbaru siap memberikan yang terbaik.

Hal yang sama juga dituturkan A Tambi selaku Ketua Harian Pengprov TI Riau. "Ini suatu kehormatan khusus bagi keluarga taekwondo. Ke depannya, pengurus, pelatih dan atlet taekwondo berharap, korps Paskhas lebih baik dan lebih maju," ujarnya.***