BAGANSIAPIAPI - Perhatian Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terhadap dunia pendidikan semakin tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mendapatkan beasiswa yang berjumlah 3.476 orang. Dan uniknya, mahasiswa tak perlu menjemput ke Bagansiapiapi karena Pemkab akan mengantarkannya ke kota tempat mahasiswa menimba ilmu.

''Kalau dihitung ongkos untuk menjemput dana beasiswa dari Pekanbaru ke Bagansiapiapi dan pulang lagi udah menghabiskan berapa banyak. Mungkin lebih baik uang tersebut diantar saja ke Pekanbaru atau melalui surat kuasa,'' kata Bupati Rokan Hilir Suyatno, Kamis (15/12/2106) di Gedung Serbaguna, Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau. 

Dikatakan, beasiswa itu disalurkan melalui pos bantuan untuk beasiswa keluarga yang kurang mampu. Jumlahnya 3.476 mahasiswa asal Rohil yang sedang menuntut ilmu diberbagai perguruan tinggi. Dana tersebut akan diberikan kepada mahasiswa Diploma III (D3) sebanyak 262 orang dengan nilai bantuan sebesar Rp 1,5 juta, mahasiswa Diploma IV (D4) dan Strata Satu (S1) sebanyak 3.214 orang sebesar Rp 1,9 Juta. Total dana beasiswa yang akan digelontorkan pemerintah tahun ini adalah sebesar Rp Rp 6,4 Miliar. 

Sebelum memberikan bantuan kepada perwakilan mahasiswa secara simbolis, Bupati Rokan Hilir, Suyatno mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap dunia pendidikan. Bahkan, hampir tiap tahun pemerintah menganggarkan bantuan tersebut.

Suyatno juga memberikan apresiasi kepada panitia penyaluran bantuan beasiswa dan mengingatkan kepada bagian Bina Kesra agar jangan coba-coba memotong uang bantuan tersebut. Dia juga mengingatkan untuk memberikan langsung kepada mahasiswa bersangkutan terutama yang berdomisili diluar daerah misalnya di Pekanbaru. 

Dia juga meminta agar penyaluran beasiswa dipercepat dan jangan hanya dilaksanakan pada akhir tahun. Untuk pengambilan dana bantuan tersebut dimulai 15-17 Desember 2016 di Kantor Bupati Rokan Hilir Bagian Bina Kesra Lantai II, Jalan Arena MTQ Komplek Perkantoran Batu Enam. ***