PEKANBARU – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Maestro Indonesia menggelar kegiatan Recognition of Current Competency (RCC), yang berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 17 Juli - 18 Juli 2022, di Hotel Alpha, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Master Assesor Osvian Putra, selaku salah satu penguji kompetensi tersebut, mengatakan RCC Assesor merupakan pengakuan kompetensi terkini terhadap profesi assesor kompetensi. Dengan kata lain, ujian kompetensi ini digelar dalam rangka memperpanjang sertifikat assesor.

"Ada 12 orang peserta dengan rata-rata latar belakang kompetensi Pariwisata yang menjadi peserta uji kompetensi atau RCC yang kita gelar ini," ujar Osvian, Selasa (19/7/2022).

Ia menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari sesuai dengan ketentuan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Kegiatan di hari pertama adalah refreshment atau penyegaran ulang kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang assesor.

"Proses refreshment ini berlangsung sekitar 11 jam dan mencakup pengulangan 3 unit kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang Asesor. Yaitu, bagaimana cara membuat perencanaan dan aktifitas asesmen, melaksanakan asesmen serta memberikan kontribusi dalam validasi asesmen," jelasnya.

Proses refreshment kemudian diakhiri dengan penyelesaian dan pengerjaan tugas membuat Materi Uji Kompetensi secara mikro.

"Dilanjutkan hari kedua, peserta diassestmen ulang. Dimana Asesmen dipimpin oleh 2 orang Master Asesor penguji yang ditugaskan oleh BNSP, yaitu Bapak Osvian Putra dan Ibu Evi Hasnita," pungkasnya. ***