PEKANBARU, GORIAU.COM - Meski belum memastikan jadwal pelaksanaan Tes Kemampuan Bidang (TKB), namun Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau telah bekerjasama dengan Universitas Riau (Unri) untuk pelaksanaannya secara teknis.

Hasil koordinasi dengan Pemerintah Pusat, dari 5 tahapan tes yang akan dilaksanakan, minimal 2 tes harus dijalankan. Namun dalam hal ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berencana akan menggunakan 3 tes untuk TKB tersebut.

Diantaranya Tes Psikotes lanjutan, Tes Performance dan Tes Wawancara. Sementara 2 tes lagi yakni Tes TOEFL dan Kemampuan Akademik kemungkinan tidak akan dilaksanakan. Mengingat biaya untuk melaksanakan kedua tes tersebut cukup besar.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pusat, mereka meminta minimal 2 tes harus dilaksanakan, namun kita akan lakukan untuk 3 tes. Sementara Tes TOEFL dan Kemampuan Akademik kemungkinan tidak, karena biayanya cukup besar," tandas Kepala BDK Riau, M Guntur.

Mengenai waktu, dikatakan Guntur pihaknya belum menetapkan jadwal pastinya. Namun lamanya pelaksanaan juga tidak akan memakan waktu lama. "Paling lama satu pekan selesai," sambungnya.

Karena jumlah peserta yang lulus tidak sebanyak saat ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD). Dimana hanya sekitar 2.400-an peserta. "Jadi jika dikali 3 tes tadi, maksimal satu pekan selesai," ujarnya.***