PEKANBARU - Sebanyak 3.000 peserta dari Kota Pekanbaru turut meramaikan dan memeriahkan acara Fun Run 5 kilometer yang diselenggarakan oleh Polresta Pekanbaru, pada hari Senin (24/2/2020).

Kegiatan yang digelar di Mako Den Bekang, Jalan Sudirman Pekanbaru ini merupakan serangkaian acara menuju iven puncak Sumatera Jungle Run yang bakal diselenggarakan pada April 2020 mendatang. Adapun Fun Run 5 kilometer ini diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari TNI, Polri, Pelari profesional, Security, Pelajar, hingga masyarakat.

Pantauan GoRiau di lapangan, kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakapolda Riau Brigjen Pol Sutrisno dan Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya. Jenderal bintang satu itu mulai melepas peserta Fun Run sekitar pukul 07.00 WIB, dengan rute start dari Mako Den Bekang, menuju Polsek Senapelan, lalu ke Polresta Pekanbaru.

Wakapolda Riau mengatakan Fun Run ini dapat menyatukan energi positif masyarakat, terutama dalam penanganan Karhutla di Riau, dengan adanya kegiatan Fun Run yang kemudian akan disusul dengan kegiatan Sumatera Junggel Run pada bulan April mendatang, membuktikan masyarakat Riau mampu menjaga hutan dan lahan di Riau.

"Kegiatan ini bukan hanya kegiatan olahraga saja, tapi juga mengajak para pelari untuk menjaga hutan, itulah sebabnya pelari diajak menggunakan rute yang digunakan nanti adalah melintasi hutan langsung," terang Sutrisno, sebelum melepas peserta Fun Run.

Selanjutnya Wakapolda Riau mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun bumi lancang kuning, dengan melestarikan alam agar terbebas dari bencana Karhutla yang kerap kali terjadi di Riau, dimana salah satu cara mengingatkan masyarakat dengan cara mengadakan kegiatan Sumatera Junggel Run.

"Polda Riau bangga menjadi bagian dalam ivent Sumatera Junggel Run 2020, ini adalah ivent terbesar di Sumatera yang mana ini adalah kegiatan mengedukasi masyarakat terhadap kelestarian alam dengan berolahraga lari di dalam kawasan hutan. Jagalan ketertiban, sportifitas, dari start sampai finis," tutup Sutrisno.

Terakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian dorprize dengan berbagai macam hadiah mulai dari setrika sampai sepeda motor yang disediakan panitia pelaksana yaitu jajaran Polresta Pekanbaru, dan kegiatan ditutup langsung oleh Kapolda Riau yang berketepatab melakukan kunjungan kerja di Polresta Pekanbaru. ***