BENGKALIS, GORIAU.COM - Sebanyak 313 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kelompok Terbang 11 Embarkasi Hang Nadim – Batam, Minggu (30/9/2012) malam diterbangkan ke Madinah. Calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Bengkalis bersama 13 CJH asal Kota Pekanbaru berangkat menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dan akan menempuh perjalanan selama delapan jam. Diperkirakan mereka tiba di Madinah sekitar pukul 02.00 dinihari waktu setempat.

Selama berada di Madinah, para calon jemaah haji asal Bengkalis akan mengerjakan salat arbain dan ziarah. Setelah delapan hari berada di Madinah, selanjutnya jemaah diberangkatkan ke tanah suci Mekah untuk mengerjakan ibadah haji.

''Sesuai jadwal, jemaah haji Kabupaten Bengkalis kembali ke tanah air pada tanggal 10 November 2012 mendatang,'' ungkap Ketua Regu Jamaah Haji Kabupaten Bengkalis, Jumari yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis, Minggu (30/9/2012).

Sebelum diterbangkan ke tanah suci, sekitar pukul 17.00 WIB, para jemaah kloter 11 dilakukan prosesi pelepasan oleh Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh, di Asrama Haji Batam. Turut Hadir dalam pelepasan itu, Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno, Asisten I H Burhanudin dan Asisten II H Ariyanto.

Bupati berpesan kepada calon jemaah haji Kabupaten Bengkalis agar tetap selalu menjaga kesehatan dengan tak lupa membawa obat pribadi, mengingat cuaca ekstrem yang tak menentu yang terkadang terlalu dingin, bahkan panas hingga mencapai 40 derajat celcius. Kerjakan rukun haji tersebut dengan penuh kekhusyu'an, keikhlasan, sabar, santun, dan menjaga dengan kehati-hatian dokumen dan surat-surat penting serta kartu identitas jemaah. Kuatkan koordinasi dan pupuk tali silaturrahim sesama jemaah.

''Jaga nama baik daerah karena calon jemaah haji adalah duta bangsa, dan juga duta daerah, semoga sepulangnya nanti memperoleh haji yang mabrur,''pesan Bupati.

Calon jemaah haji juga diimbau mengendalikan keinginan dalam berbelanja dan tidak membawa barang bawaan secara berlebihan. Bupati meminta agar para calon jemaah haji mendoakan Kabupaten Bengkalis tetap kondusif, sehingga pembangunan dapat berjalan lancar.

Bupati juga minta kepada petugas haji untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji. Utamakan pelayanan kepada jamaah haji yang lanjut usia, yang sakit atau yang sudah uzur, hormati mereka dan berikan pelayanan dengan santun dan lembut.

''Petugas juga harus tanggap dan cepat mencarikan solusi terhadap keluhan yang disampaikan para jamaah haji,'' ingat Bupati.

Ke-313 JCH Kabupaten Bengkalis berangkat menuju embarkasi Batam menggunakan kapal Batam Jet dari Pelabuhan Bandar Sri Laksamana, Bengkalis, Sabtu (29/9/2012). Tidak ada acara khusus yang disiapkan Pemkab, hanya terlihat Asisten I H Burhanudin dan Kadis Kesehatan H Hermanto yang ikut mengantar jemaah. Dari 313 JCH Kabupaten Bengkalis tahun ini, 183 berasal dari Mandau dan Pinggir. Sementara dari Bengkalis, Bantan, Siak Kecil, Bukit Batu dan Rupat sebanyak 130 orang. (jfk/rls)