BAGANSIAPIAPI - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 04.10 Rokan Hilir Riau, Rabu (11/3/2020) ''mengerahkan'' 200 orang Penegak Pramuka utusan Gudep untuk berpartisipasi menyukseskan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang ditaja Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir.

200 orang Penegak itu berada dari seluruh Gudep (Gugus Depan) SMA sederajat di Kota Bagansiapiapi. Mereka bahu membahu memungut sampah dan mengikuti beberapa kegiatan yang dibuka resmi Bupati Rohil H Suyatno tersebut.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Rokan Hilir Drs H Surya Arffan MSi mengatakan, adik-adik Pramuka ikut menyukseskan dan karya nyata di acara peringatan HPSN di Kabupaten Rokan Hilir.

''Hari ini, Rabu (11/3/2020), adik-adik kita turut serta berpartisipasi di HPSN, kita turunkan kekuatan penuh dipimpin Kak Azuar HL, Kak Yan, Kak Enis dan Suhaigus,'' ujar Surya Arffan .

Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Rohil ini menambahlan, kegiatan Pramuka bukan sebatas bernyanyi dan berkemah. ''Kita ada Pramuka Satgas Peduli, ada bidang khusus Abdinasgana, kapan dibutuhkan siap diikutsertaka, yang dipimpin Kak Azual HL,'' tambah Surya Arffan.

Pada HPSN tahun 2020 ini, DLH Rohil melaksanakan berbagai kegiatan seperti memungut sampah dan daur ulang serta kegiatan lainya. ''Sesuai arahan dan instruksi Kak Kwarcab, kami bersama adik-adik Pramuka dari Gudep SMA sederajat ikut berpartisipasi,'' sebut Azuar HL.

''Bukan saja sifatnya kebersihan atau lingkungan, tapi untuk tanggap bencana alam, Karhutla, kita punya satuan tugas yang skill-nya terlatih dan siap untuk melakukan sumbangsihnya,'' jelas Waka Bidang Abdi Masyarskat dan Satgas Peduli ini saat berbincang dengan GoRiau.

Pada puncak acara PHSN tersebut, DLH Rohil menyediakan kantong plastik untuk tempat sampah yang dipungut di jalanan kemudian ditimbang dan siapa yang terbanyak jumlah kilogramnya adalah pemenang dan mendapatkan hadiah sebagai pemenang. ''Untuk support saja, kami menyediakan hadiahnya,'' jelas Kadis DLH Rohil Suwandi SSos didampingi Enggo, pengawas lapangan petugas kebersihan. ***