KEDIRI - Penerapan formasi tiga bek sangat tepat dilakuan Persik Kediri, Hasilnya, tim berjuluk Macan Putih ini belum pernah kalah dalam laga hingga pekan kedua Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020. 

Pertama, mereka mampu menahan imbang Persebaya dengan skor 1-1, kemudian kembali bermain imbang melawan Bhayangkara FC juga dengan skor 1-1.

Namun sisi lain, formasi tiga bek ini juga masih menjadi sorotan karena Persik dinilai kurang agresif terutama saat menyerang. 

Pelatih Joko Susilo tidak masalah jika ada beberapa pihak yang masih menyoroti formasi tiga bek yang ia pakai. Namun pelatih yang akrab disapa Gethuk ini menjelaskan formasi tiga bek atau formasi empat bek sebenarnya sama saja.

“Terutama setelah lawan Bhayangkara FC, ada yang bilang kenapa tidak begini kenapa tidak begitu. Kami harus berhitung dengan semua kondisi dan saya sangat paham Persik per individu pemain,” katanya.

Mantan pelatih Arema ini menilai formasi dengan tiga bek atau empat bek sebenarnya sama. Namun jika ada yang tidak berjalan saat pertandingan, itu adalah kondisi yang berbeda. 

“Dalam pertandingan tidak sesuai dengan yang diinginkan tentu ada bebeapa faktor ada jawaban saya sudah diskusi dengan pemain,” ucap Gethuk.

Selanjutnya, Persik Kediri akan menghadapi Persiraja Banda Aceh, Sabtu (14/3) di Stadion Brawijaya, Kediri. ***