ROSS McLachlan, bule asal Inggris, tertarik belajar Islam hingga akhirnya memutuskan mualaf, setelah melihat pemilik toko ponsel membaca buku tentang Nabi Muhammad SAW. Begini kisahnya.

Dikutip dari Okezone.com yang melansir dari kanal YouTube Renung Kalbu, Ross McLachlan mengikuti agama yang dianut orangtuanya. Dirinya mengenyam pendidikan di sekolah khusus agamanya.

Ketika usianya beranjak remaja, dia mulai menyadari ajaran agama yang dipelajarinya tidak sesuai dengan realita kehidupannya. Ross McLachlan meyakini kalau sosok yang disembahnya kala itu bukanlah Tuhan atau anak-Nya, melainkan Nabi yang diutus oleh Tuhan.

Keraguannya makin kuat setelah melihat keluarganya juga tidak menjalankan aturan yang ada dalam agama tersebut.

Suatu hari, ketika Ross masuk ke sebuah toko ponsel. Dia melihat-lihat koleksi di toko tersebut. Lalu pemilik toko menawarkan barang dagangannya.

Selanjutnya Ross melihat pemilik toko itu sedang membaca buku. Dia pun menanyakan buku apa yang sedang dibacanya. Pemilik toko itu menjawab bahwa dirinya membaca buku tentang Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam (SAW).

''Dapatkah saya mendengarkan (isi buku tentang Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam)?'' kata Ross, seperti dikutip dari kanal YouTube Renung Kalbu, Selasa (24/5/2022).

Pemilik toko ponsel itu juga menjelaskan bahwa di dalam ajaran agama Islam, Isa adalah nabi dan bukan Tuhan. Sama seperti Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang merupakan orang terpilih utusan Allah Subhanahu wa ta'ala untuk mengarahkan umat manusia ke jalan lurus.

Lalu tiba-tiba Ross diajak pemilik ponsel itu ke toko buku dan memperlihatkan kitab suci Alquran beserta kandungan isinya. Ross yang merasa tidak enak dengan kemurahan hati si pemilik toko ponsel, bersedia mempelajari buku tentang Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dan Alquran.

Pemilik toko ponsel itu juga memberikannya makanan dan susu hangat. Padahal, Ross tahu pemilik toko tersebut juga sangat membutuhkan uang untuk menghidupi keluarganya.

Setelah semua hal yang dilaluinya, akhirnya Ross McLachlan memutuskan untuk masuk Islam. Ia membaca dua kalimat syahadat di masjid yang ada di kotanya. Lalu dirinya kini mempunyai nama Islam yaitu Kareem.

Kareem sendiri sangat berterima kasih kepada pemilik toko ponsel yang ditemuinya tersebut. Berkat hidayah dari Allah Subhanahu wa ta'ala, akhirnya Kareem memantapkan diri dan yakin bahwa Islam adalah agama yang akan membawanya ke arah lebih baik.***