PANGKALAN KERINCI – Kesadaran adalah sesuatu yang dikerjakan tanpa paksaan, tanpa tekanan dan penuh dengan keikhlasan menjadi kata pembuka Bupati Pelalawan, H Zukri saat memberikan arahan pada apel Hari Kesadaran Nasional, Senin (18/7/2022).

Namun rupanya sebagian Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan di barisan belakang malah asik duduk-duduk.

"Kesadaran nasional, kalau kita bicara kesadaran adalah sesuatu yang kita kerjakan tanpa paksaan, tanpa tekanan dan penuh dengan keikhlasan," ucap Bupati Zukri.

Namun kata dia, ketika pemimpin sedang berbicara dan masih ada pegawai yang justru malah asik duduk-duduk hal itu menandakan tingkat kesadarannya masib sangat rendah.

"Mendengarkan amanat pembina upacara juga kesadaran. Kan tak perlu pakai CCTV lapangan ini ketika upacara. Kalau saya kasih tahu lapangan ini dipasang CCTV semuanya berdiri. Yang di belakang-belakang kadang ada yang duduk-duduk," tutur Bupati Zukri.

Selaku pimpinan dirinya berharap seluruh pegawai di lingkungan pemerintahan Kabupaten Pelalawan dapat memahami dan memaknai Hari Kesadaran Nasional.

"Mudah-mudahan seluruh pegawai kita sudah sadar. Tentunya saya selalu mengingatkan betapa pentingnya kesadaran," ujarnya.

Ditegaskannya, disiplin sudah menjadi tugas dan tanggungjawab seluruh pegawai. Sehingga tingkat kesadaran pegawai akan semakin tinggi.

"Bahwa disiplin dan tugas adalah tanggungjawab, tak perlu ditekan. Kesadaran datang dari hati sanubari yang paling dalam, itu selalu saya sampaikan. Tanpa SIKO juga sudah sadar," tandas Bupati Zukri.***