SURABAYA - Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) kini memiliki Kepala Sekolah baru, Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto. Lulusan Perwira Wajib Militer TNI AL tahun 1987 ini menggantikan Letkol Laut (KH) Drs Burhan yang mendapat tugas baru di Koarmada III Sorong Papua.  

Di hadapan kurang lebih 600 siswa kelas X,XI dan XII dan guru, Kepsek SMK KAL-1 memimpin jalannya apel khusus di halaman sekolah, Selasa (6/11/2019) untuk memperkenalkan diri , serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh siswa yang telah terlibat dalam penyambutan Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Dra Manik Siwi Sukma Adji dalam peresmian operasional SMP Hang Tuah 6 Ecxellnet.

Perlu diketahui saat ini ada sekitar 90 siswa kelas XI yang tidak aktif di sekolah karena sedang melaksanakan PSG ( Pendidikan Sistim Ganda) di perusahaan- perusahaan selama 6 bulan, dan PSG ini wajib bagi seluruh siswa kelas XI di semua jurusan.

SMK KAL-1, sekolah yang berdomisili di Kodiklatal (Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut) ini dalam edufair di SMP Hang Tuah 6 Exellent juga menampilkan Finger Print door lock, Mesin Printer 3D dan Soccer Cup robo juga mendapat perhatian khusus dari Ketua Pembina YHT (khususnya Finger Print door lock) yang merupakan hasil inovasi dari siswa di kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL).

Kepsek memberikan penekanan kepada seluruh siswa, agar mereka siap menghadapi revolusi industri 4.0, dimana revolusi industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborsi teknologi cyber- fisik, internet dan teknologi otomasisai. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga manusia dalam proses pengaplikasiannya.

Di samping itu, lulusan paska sarjana Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan dan Pembangunan Unibraw yang kini memimpin SMK KAL-1 juga mewajibkan siswanya untuk memahami karakter dan soft kompetensi menghadapi dunia kerja. ***