SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Yan Prana Jaya berharap, pembahasan APBD Perubahan sebesar Rp2,9 triliun lebih ditingkat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Siak dapat segera dituntaskan. Pasalnya, sejumlah kegiatan penting seperti pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Kepala Kampung (Pilkampung, dulunya Pilkades) serentak serta MTQ tingkat Provinsi Riau, dananya dianggarkan di APBD Perubahan itu.

"Tadi kan sudah mulai dibahas, tentu kita berharap tak ada kendala, sehingga secepatnya bisa disahkan DPRD Siak. Kalau berlarut-larut dikhawatirkan tahapan Pilkada, Pilkampung dan MTQ tingkat Provinsi Riau bisa terganggu," kata Yan Prana kepada GoRiau.com, Kamis (6/8/2015).

Saat ditanya terkait dana Pilkada Siak sebesar Rp20 miliar lebih dianggarkan di APBD Perubahan, bukannya di APBD murni 2015, Yan mengatakan, hal itu dampak dari kebijakan Pemerintah Pusat.

Dijelaskan Yan, saat penyusunan KUA-PPAS terhadap RAPBD Siak tahun 2015 pada akhir 2014 lalu, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tidak memasukkan usulan dana untuk Pilkada dan Pilkampung. Alasannya, masa jabatan Syamsuar-Alfedri sebagai bupati dan wakil bupati Siak baru berakhir bulan Juni 2016.

"Tak mungkin Pilkada tahun 2016, dananya kita anggarkan tahun 2015. Tapi, seiring berjalannya waktu ada kebijakan Pemerintah Pusat terkait Pilkada serentak, termasuk di sejumlah kabupaten/kota di Riau. Kabupaten Siak juga daerah yang harus menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2015 ini, kendati masa jabatan bupati dan wakil bupati baru berakhir Juni 2016. Oleh karena itu anggaran untuk Pilkada dan Pilkampung kita alokasikan di APBD Perubahan," papar Yan Prana.

Dia memperkirakan dibutuhkan dana sekitar Rp20 miliar lebih untuk pelaksanaan Pilkada di Siak."Untuk KPU saja sekitar Rp15 miliar, Panwaslu Rp4 miliar ditambah dana pengamanan. Ya, sekitar Rp20 miliar lebih semuanya. Belum lagi dana untuk Pilkampung serentak sekitar Rp5 miliar dan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau yang diselenggarakan di Siak bulan Oktober nanti," pungkasnya.(nal)