TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sangat konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang dimulai dari peningkatan sarana prasananya. Namun, sentuhan pembangunan tidak sampai ke kelas jauh SDN 007 Perhentian Sungkai.

"Lokasinya berada di kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh, kita tidak bisa melakukan pembangunan di sana," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kuansing, Jupirman kepada GoRiau.com, Jumat (3/9/2016) siang di Telukkuantan.

Ia mengaku sudah melihat langsung kondisi bangunan sekolah tersebut. Namun, karena bangunannya berada di daerah terlarang, pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa.

"Waktu mereka ngurus pendirian kelas jauh, mereka datang ke kita dan waktu itu kita lihat langsung. Pembangunannya pun swadaya, begitu juga dengan tenaga pendidik," jelas Jupirman. Kendati demikian, sekali seminggu guru dari sekolah induk datang untuk memonitoring.

"Saat ini, ada 60 orang siswanya, bahkan sudah ada lulusan dari kelas jauh tersebut," ujar Jupirman.

Ia menyatakan, kelas jauh SDN 007 Perhentian Sungkai di Dusun Sumber Sari bukanlah satu-satunya yang berada di kawasan hutan lindung. "Ada juga kelas jauh SDN 004 Sungai Besar di Dusun Sungai Geringging."

"Kondisinya tetap sama dan kita tidak bisa apa-apa selain memberikan bantuan moril," tambah Jupirman. Untuk kelas jauh SDN 004 Sungai Besar, terdapat 65 orang siswa.***