DUMAI-‎Kasus positif Covid-19 di Kota Dumai bertambah parah. Kini angkanya nyaris menyentuh angka 7.000 kasus.

Pada Kamis (15/7/2021) penambahan kasus Covid-19 meledak, dalam ‎sehari bertambah 127 kasus. Sementara sehari sebelumnya penambahan kasus baru 78. Secara akumulasi kini sudah mencapai 6.916.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Kota Dumai, dr Syaiful mengungkapkan, bahwa penambahan Covid-19 di Kota Dumai pada Kamis sudah sangat luar biasa, bahkan bisa dikatakan rekor tertinggi.

‎Kepada Tribunpekanbaru.com Syaiful mengatakan, Kamis kemarin telah terjadi penambahan sebanyak 127 kasus positif.  Delapan kasus diantaranya menjalani perawatan di rumah sakit dan 119 pasien menjalani isolasi mandiri.

"Dengan meledaknya kasus penambahan ini, kami dari Satgas meminta kepada masyarakat untuk sadar, sadar untuk menerapkan protokol kesehatan, " ujarnya Jumat (16/6/2021) seperti dilansir Pekanbaru.tribunnews.com.

Syaiful menjelaskan, secara akumulasi total kasus Covid-19 yang tercatat di Kota Dumai, hingga Kamis (15/7/2021) telah menembus angka 6.916 kasus. Terdiri dari 451 orang dalam perawatan, 6.334 dinyatakan sembuh dan 131 orang meninggal dunia.

Syaiful menjelaskan  ada beberapa hal yang mempengaruhi meningkatnya angka kasus penambahan pasien po‎sitif Covid-19 yaitu kendornya protokol kesehatan.

Padahal dengan disiplin protokol kesehatan bisa menjadi tameng agar tidak tertular Covid-19.

Syaiful mengungkapkan, upaya Satgas Dumai dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 yakni, dengan melakukan pemetaan sesuai instruksi dari pusat.

Upaya selanjutnya dalam mengatasi penyebaran Covid-19 di kota Dumai, dengan penguatan tracing secara maksimal.

Lalu, menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

" Kami meminta masyarakat sadar, bahwa cara ampuh melawan Covid-19 yakni, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujarya.

Ia mengingatkan, bahwa masih ada penyebaran Covid-19 di kota Dumai, dan angka kematian juga bisa dikatakan tinggi.

"Kami mohon terapkan protokol kesehatan dan selalu gunakan masker," imbau Syaiful.***