PEKANBARU - Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) dinilai belum layak untuk masuk dan melayani penumpang di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru lantaran pelayanan bus tersebut belum memenuhi standar kenyamanan dan keamanan.

"Sebenarnya semua angkutan boleh masuk ke bandara asal bisa memenuhi standar, keamanan dan kenyamanan sesuai persyaratan-persyaratan yang dikeluarkan Angkasa Pura II," papar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Riau, Rahmat Rahim, (19/1/2016) di Pekanbaru.

Kriteria layak menurut Kadishub Riau ini pun meliputi sarana transportasi yang ber-AC, bersih, nyaman dan memiliki jaringan wifi.

"Bus TMP belum layak untuk itu," papar Kadishub Riau tersebut.

Ia pun mendukung penuh keputusan otoritas Bandara SSK II untuk menetapkan standar pelayanan di Bandara. Alasannya, bandara merupakan pintu gerbang pertama yang dipijaki dan secara tidak langsung sebagai penyambut tamu yang datang dari berbagai daerah maupun belahan dunia.

"Sekarang era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pasti akan banyak masyarakat ataupun warga negara asing yang datang ke Riau. Kita harus punya standar kenyamanan dan jaminan keamanan," imbuhnya.

Menurutnya, para tamu yang menjejakkan kakinya di bumi Melayu pasti akan menilai kota tersebut dari penampakan yang dilihatnya pertama kali di bandara, baik pelayanannya maupun fasilitas yang ada.

"Kalau pelayanan bandara bagus dan tertib, image kita pun bagus juga," tutup Rahmat Rahim. ***