JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan keberadaan Golkar Institute yang baru diluncurkan hari ini oleh Partai Golkar dapat melahirkan kader-kader partai yang berkualitas dan berintegritas.

“Saya menaruh harapan besar pada Golkar Institute untuk melahirkan lebih banyak kader-kader partai yang berkualitas dan berintegritas,” kata Jokowi dalam acara peluncuran Golkar Institute secara virtual, Selasa (2/2/2021).

Ia juga mengharapkan kader-kader yang dihasilkan Golkar Institute telah siap berkolaborasi dengan elemen bangsa yang lain. Sehingga mampu bersama-sama mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju.

Melihat pentingnya kader partai politik yang memiliki kemampuan dalam bidang pemerintahan dan kebijakan publik, maka Jokowi secara khusus mengucapkan selamat kepada DPP Partai Golkar atas peluncuran Golkar Institute.

Sebuah institusi pengkaderan yang akan menjadi sekolah kader berfokus pada peningkatan pengetahuan dan kemampuan kader dalam bidang pemerintahan dan kebijakan publik.

“Bagi partai modern, kehadiran sekolah kader sangat diperlukan. Karena kader dan kaderisasi, perlu dipersiapkan secara serius berjenjang dan berkelanjutan. Kaderisasi tidak bisa dikerjakan sambil lalu, harus digarap dengan matang untuk menghasilkan dampak yang signifikan bagi kemajuan partai,” ujar Jokowi.

Menurut Kepala Negara, partai politik memerlukan lebih banyak lagi kader-kader yang terdidik, profesional, dan kompeten, khususnya dalam bidang kepemimpinan politik dan ekonomi. Karena akan menimbulkan dampak bukan hanya pada partai, tetapi akan memberikan kontribusi yang penting bagi kemajuan bangsa.

Maka tak heran, partai politik adalah sumber utama rekrutmen kepemimpinan nasional maupun daerah. Calon bupati, calon walikota, calon gubernur, calon presiden sebagian besar berasal dari partai politik.

“Jika partai politik mampu mempersiapkan kadernya dengan baik, dan kualitas yang matang maka sudah dapat dipastikan kepemimpinan nasional maupun daerah juga akan berjalan dengan baik,” terang Jokowi. ***