JAKARTA - Tim Nasional Indonesia U16 selangkah lagi lolos ke Piala Dunia U 17 yang digelar di Peru tahun depan. Syaratnya, Indonesia lolos ke babak semifinal Piala Asia U16.

Syarat ini selangkah lagi terealisasi. Namun lawan berat sudah menunggu di babak 8 Besar. Tim Nasional Australia menunggu Indonesia di babak 8 Besar Piala Asia U16. Laga seru diprediksi bakal tersaji.

Indonesia sedikit diunggulkan mengingat prestasi lolos sebagai Juara Grup C. Sementara Kangguru Muda melaju sebagai runner up.

Namun status unggulan tak boleh membuat Bagus Kahfi dkk jumawa. Kepastian Australia jadi lawan didapat setelah laga pamungkas Grup D rampung, Jumat (28/9/2018) sore WIB. 

Timnas U-16 Australia meraih kemenangan telak 4-0 atas Afghanistan pada pertandingan di Stadion Petaling Jaya. Dengan kemenangan tersebut, Australia finis di posisi kedua dengan koleksi enam poin. Mereka berjarak tiga angka dari Korea Selatan.

Korea Selatan pada laga pamungkas grup menghentikan perlawanan Irak, yang sebenarnya juga punya peluang lolos andai memenangi laga ini. Korsel menang 2-0 sehingga berhak menjadi juara grup dengan nilai sempurna. 

Jadwal perempat final akan dimainkan pada Minggu (30/9/2018) dan Senin (1/10/2018). Duel Timnas U-16 Indonesia vs Australia akan dilangsungkan pada Senin pukul 15.30 WIB.

Pemenang antara Indonesia dan Australia akan berhadapan dengan pemenang Jepang vs Oman di semifinal. Andai bisa mengalahkan Australia, Timnas U-16 Indonesia tak hanya sekadar melaju ke semifinal. Pasukan Fakhri Husaini itu pun akan otomatis lolos ke Piala Dunia U-17 2019 di Peru. Untuk diketahui, Piala Asia U-16 merupakan ajang kualifikasi Piala Dunia U-17.

Empat tim semifinalis dari Piala Asia akan otomatis melangkah ke putaran final Piala Dunia. Timnas U-16 Indonesia wajib bermain hati-hati jika tak ingin mengulangi kesalahan dua lawan timnas U-16 Australia pada fase grup Piala Asia U-16 2018. Timnas U-16 Indonesia akan menantang timnas U-16 Australia di babak perempat final Piala Asia U-16 2018.

Duel keduanya tersaji di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia pada Senin (1/10/2018). Indonesia lolos sebagai status juara Grup C dengan koleksi lima poin. Adapun Australia hanya menjadi runner-up Grup D dengan koleksi enam poin.

Skuad Garuda Asia wajib tampil hati-hati dan penuh kewaspadaan kala bersua Australia. Pasalnya, kepemimpinan wasit dalam dua laga terakhir Grup D sangat menguntungkan Australia.Bagaimana tidak, dua kemenangan Australia di babak grup selalu diselimuti dengan keunggulan jumlah pemain.

Pertama, pemain timnas U-16 Irak, Ali Kadhim Johni harus menerima kartu merah pada menit ke-41 saat timnya melawan Australia. Australia pun berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan menang 2-1 atas sang juara bertahan di Stadion UM Arena pada Selasa (25/9/2018).

Kedua, kiper timnas U-16 Afghanistan, Sharif Aminzada harus dihukum kartu merah oleh wasit lantaran menyentuh bola dengan tangan di luar kotak penalti. Keunggulan jumlah pemain sukses dimanfaatkan oleh Australia untuk memperbesar kemenangan menjadi 4-0 atas Afghanistan di Stadion Petaling Jaya, Malaysia pada Jumat (28/9/2018).

Tak heran jika skuat Garuda Asia wajib tampil hati-hati untuk menghindari kekalahan jumlah pemain saat jumpa Australia.***