PEKANBARU - Ketua Panitia Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Nasdem Riau, Jhony Charles menyindir salah seorang kepala daerah di Riau yang disebutnya sebagai 'pengkhianat' karena tidak memenuhi janjinya saat didukung Nasdem.

Politisi asal Rohil ini menyampaikan hal tersebut di hadapan sejumlah pengurus DPP Nasdem, pengurus DPW Nasdem Riau, sayap-sayap organisasi serta kepala daerah yang sebelumnya diusung oleh Nasdem.

"Kita dikhianati, kedepan kita harus usung kader kita sendiri di Pilkada, supaya tidak ada pengkhianatan lagi," katanya dalam kata sambutan, Selasa malam (12/10/2021).

Menanggapi pernyataan Jhony Charles, Wakil Ketua Umum Nasdem, Ahmad Ali, menanggapi santai fenomena seperti ini, dimana ada kader partai lain yang meminta perahu Nasdem untuk berlayar di Pilkada, lalu ketika terpilih, yang bersangkutan malah meninggalkan Nasdem.

"Banyak kasus seperti itu, memang itu menjadi problem kita, tapi kita sudah persiapkan diri untuk perilaku yang begitu. Karena bagi kita, salah satu sifat politisi yang tidak komitmen adalah gampang berjanji. Ketika ada maunya, gampang berjanji, termasuk berjanji ke kita, janji ini itu dan segala macamnya lah," kata Ahmad Ali.

Padahal, lanjut Ali, pihaknya tidak terpengaruh dengan janji-janji politisi seperti ini, dan tanpa berjanji pun, Nasdem pasti akan mendukung yang bersangkutan jika memang layak didukung.

Ali mengaku bisa paham dengan perasaan emosi ini, sebab jika tidak ada Nasdem, maka yang bersangkutan tidak akan bisa ikut dalam kontestasi Pilkada 2020. Dan penyerahan perahu tentu ada janji-janji politik.

"Disana pasti ada diskusi, kalau saya kan tidak terlibat langsung, dan yang pasti bukan persoalan uang. Tapi sekali lagi, itu bukan masalah besar, itu hal biasa. Itu proses pendewasaan partai, dan politisi yang begitu kalau pergi tidak akan mengurangi dan kalau bertahan tidak akan menambah. Nasdem besar bukan karena mereka, tapi karena kerja keras kader dalam menjalankan kerja-kerja politik," tutupnya.

Sebagai informasi, dalam Rakorwil tersebut dihadiri oleh sejumlah kepala daerah yang diusung oleh Nasdem, yakni Alfedri dari Siak, Kasmarni dari Bengkalis, Rezyta Meylani dari Inhu, dan Paisal dari Dumai. ***