JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Kamis pagi, 9 Juni 2022 bertolak ke Swiss bersama ajudannya untuk menjemput jenazah Eril di Swiss. Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil berangkat ke Swiss bersama para ajudannya tanpa mengajak istri, Atalia Praratya dan Camillia Laetitia Azzahra atau Zara.

"Berangkat tadi pagi bersama ajudan. Kan keluarga sebagian sudah di sana," kata sumber Tempo di Pemerintah Provisi Jawa Barat menjelaskan pada malam ini. Ia menolak menyebutkan tujuan Emil ke Swiss secara mendadak.

Dari laporan di Kantor Polisi Bern, mengabarkan, kemarin pagi waktu setempat, seorang pria tak bernyawa dievakuasi dari Aare di bendungan Engehalde di Bern. Almarhum merupakan warga negara Indonesia yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022.

"Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50, polisi wilayah Bern dilaporkan ada seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern. Polisi spesialis air dari Kepolisian Cantonal Bern menemukan mayat di cekungan limpahan bendung dan kemudian menyelamatkannya. Bisa dipastikan bahwa pria itu sudah meninggal," demikian tulisan laporan yang dilansir di laman police.be.ch itu.

Disebutkan di laporkan itu, pria berusia 22 tahun itu berenang di sungai lalu mengalami keadaan darurat. "Dia tenggelam karena kecelakaan itu," tulis keterangan di laporan tersebut. "Sejak pria itu hilang, tindakan pencarian intensif telah dilakukan. Banyak layanan darurat mencari orang hilang dari darat dan air. Antara lain, drone, perahu, penyelam, dan anjing polisi digunakan. Semua penyelidikan sekarang selesai. Kantor Kejaksaan Negeri Bern-Mittelland."

Ridwan Kamil sendiri dilaporkan telah mengajukan cuti selama 11 hari mulai Kamis ini hingga Ahad pekan depan, 19 Juni 2022. "Untuk tujuan kepentingan keluarga dalam hal ini kedukaan anggota keluarga," kata Kepala Pusat Penerangan Kementerian Luar Negeri Benni Irawan saat dihubungi Tempo via pesan singkat, Kamis, 9 Juni 2022.

Kedutaan Besar RI atau KBRI di Swiss malam ini menggelar konferensi pers untuk mengungkapkan kabar terbaru pencarian Eril. Hingga Selasa 7 Juni 2022, pencarian sudah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah sungai Aare dan Eril belum juga ditemukan.***