PEKANBARU – Pemerintah Kota Dumai telah menyiapkan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) untuk perbaikan Jembatan Sungai Dumai Bangsal Aceh dan Jembatan Kayu Parkitan yang kondisinya saat ini mengkhawatirkan.

“Amdal yang diminta Gubernur Syamsuar saat ini sedang diproses, khusus untuk Jembatan Kayu Parkitan, insyaallah amdal sedang dalam proses dan insyaallah Juni 2022 selesai,” kata Wali Kota Dumai Paisal, Minggu.

Persiapan itu disampaikannya usai bertemu dengan Gubernur Riau Syamsuar belum lama ini yang juga dihadiri delegasi Balai Wilayah Sungai (BWS) III Kementerian PUPR untuk membahas masalah perbaikan dua jembatan di Kota Dumai.

Soal status pembebasan lahan jembatan, Paisal mengaku Pemko Dumai akan menyelesaikan semua persoalan.

“Insyaallah Pemko Dumai akan menyelesaikan status tanah untuk jembatan ini, mohon doanya semoga tahun depan bisa terealisasi,” ujarnya.

Gubernur Riau Syamsuar telah meminta Pemerintah Kota Dumai untuk segera menyelesaikan semua proses terkait, seperti pembebasan lahan dan amdal.

Kedua jembatan tersebut perlu segera diperbaiki, antara lain karena sudah tua dan berpotensi menjadi kecelakaan bagi pengguna jalan karena lantai jembatan berlubang. ***