PEKANBARU - Pasca jembatan penyeberangan RoRo Tanjung Buton roboh tahun 2019, Dinas Perhubungan Provinsi Riau tidak lagi mengoperasikan Pelabuhan Penumpang Tanjung Buton di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

Kepala Dinas Perhubungan Riau, Taufiq OH mengatakan kepada GoRiau.com, pelabuhan penumpang Tanjung Buton Mengkapan sudah lama tidak lagi dioperasikan melayani masyarakat dengan rute Kepulauan Meranti - Siak.

"Alasannya, karena faktor keselamatan. Sebab jembatan yang menghubungkan dermaga dengan ponton dan penyangga pelabuhan penumpang Tanjung Buton perlu diperbaiki. Perbaikan dilakukan sebelum jatuh korban yang merugikan warga," kata Taufiq, Rabu (8/1/2020).

Dikatakan Taufiq, tahun ini akan dilakukan perbaikan dan pembangunan baru. Dirinya juga menargetkan sebelum Lebaran 2020, pelabuhan penumpang yang baru sudah bisa digunakan.

"Untuk pelayanan kepada masyarakat dialihkan ke Pelabuhan Rakyat disebelahnya," jelas Taufiq.

Untuk diketahui, jembatan yang menghubungkan ponton pelabuhan penumpang dengan dermaga di Pelabuhan Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Riau, roboh, Selasa (7/1/2020), kemarin. ***