JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri geladi bersih sidang tahunan MPR serta sidang bersama DPR-DPD, dan Pidato Kenegaraan Presiden di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Sidang tahunan itu akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Puan tiba di Kompleks Parlemen sekitar pukul 14.10 WIB, disambut Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto.

Usai meninjau persiapan di lantai dasar, termasuk lokasi untuk foto bersama, Puan naik ke lantai 3 untuk mengikuti jalannya geladi bersih.

Saat Puan tiba di ruang sidang, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti sudah bersiap. Ketiganya pun berbincang sejenak sebelum berlatih untuk sidang tahunan besok. "Silakan Ibu Puan sebagai tuan rumah," kata Bambang Soesatyo mempersilakan Puan berlatih untuk pidato.

Hadir juga di ruang sidang, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dan Rachmad Gobel, serta Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan Arsul Sani.

Agenda Sidang Tahunan tersebut digelar bersamaan dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam menyampaikan RAPBN 2021.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Setelah itu, dilanjutkan dengan pidato nota keuangan pemerintah dalam rangka RAPBN 2021, mulai pukul 14.00 - 16.00 WIB.

Sidang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dan dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Tahunan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Kemudian, dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD RI yang akan dibuka oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sidang kali ini berbeda dengan sebelumnya karena digelar pada saat pandemi Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan ketat.***