SIAK - Petani sawit di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau mulai melakukan persiapan jelang replanting atau peremajaan kelapa sawit. Salah satunya dengan menanam komoditi lainnya dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Inisiatif petani sawit ini mencari alternatif komoditi lain ini sangat diapresiasi Bupati Siak, Drs H Syamsuar. Ia bahkan menyempatkan diri memanen buah semangka di Kampung Sawit Permai milik Sadikin yang memiliki kebun sawit seluas 10 hektar.

"Hal seperti ini harus disosialisasikan kepada masyarakat. Petani sebaiknya memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah ataupun lahan yang akan di replanting untuk bisa digunakan sebagai lahan pertanian buah-buahan serta sayuran yang sangat besar manfaatnya," kata Bupati Siak, Senin (3/9/2018).

Dengan persiapan ini, lanjut Bupati, petani sawit tidak ragu lagi untuk melaksanakan program replanting. Hasil dari pertanian komoditi lainnya ini bisa menjadi cadangan penghasilan selama peremajaan kelapa sawit.

Sadikin, pemilik kebun semangka mengaku senang hasil uji coba tanam semangkanya dipanen langsung oleh Bupati Siak, Syamsuar. Meski hanya setengah hektar semangka yang ditanamnya, Sadikin merasa yakin untuk memperluas lahan menanam semangka ini saat replanting nanti.

"Alhamdulillah, hasil panen perdana saja memuaskan, apalagi dipanen langsung oleh Bupati Siak," kata Sadikin dengan wajah yang sangat bahagia.

Selain itu, ditanya lagi soal pertanian, Camat Dayun Riko Riyanto juga mendukung sepenuhnya dengan adanya kebun semangka. Apa lagi kegiatan ini bertujuan untuk mendukung adanya replanting kebun kelapa sawit.

"kami dari pemerintah Kecamatan Dayun mendukung dan mensuport dengan munculnya petani seperti pak sadikin yang lainnya untuk antisipiasi dalam rangka menghadapi replanting kebun sawit,"jelas Riko. ***