YOGYAKARTA, GORIAU.COM - Peningkatan kapasitas Kepala Desa (Kades) di wilayah Kepulauan Meranti harus dilakukan. Sehingga sebagai pemimpin nantinya di tingkat Desa dapat membuat kebijakan yang tepat dalam membantu mensejahterakan masyarakatnya.



Seperti yang dikatakan Bupati, Drs Irwan MSi, selasa malam (10/6) dihadapan seluruh Kepala Desa se Meranti yang mengikuti diklat di Provinsi Jogjakarta. Menurut orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu pelaksanaan diklat tersebut menjadi sangat penting dilakukan, makanya terus diagendakan setiap tahunnya.

"Dengan diklat ini nantinya Kepala Desa dapat meningkatkan kualitasnya. Secara rutin setiap tahunnya kita laksanakan, dan akan terus dilaksanakan dalam meningkatkan kapasitas kepala Desa," sebutnya.

Sebagai pemimpin di tingkat Desa,Kepala Desa harus mampu membuat sebuah kebijakan. Untuk membuat kebijakan, tidak hanya dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) saja, tapi juga pengalaman dan jam terbang yang tinggi.

"Melalui kegiatan ini sangat baik sekali untuk meningkatkan jam terbang, pengalaman dan SDM Kepala Desa. Sehingga nantinya para Kades tidak salah langkah dalam membuat kebijkan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat," terangnya.

Hadir juga sejumlah pejabat yang mendampingi Bupati malam kemarin, Kepala Badan Penanaman Modal, Pelayanan dan Perizinan Terpaadu (BPMPPT), Hendra Putra SIp MSi, Kadisdukcapil, Jonizar SH MSi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Drs Ikhwani. Juga turut hadir, sejumlah anggota DPRD dari Komisi 1 diantaranya, Ketua Komisi I, Dedi Putra SHi, Wakil Ketua Komisi I, Pauzi SE dan Sekretaris Komisi I, Asmawi.

Dedi Putra menilai kegiatan yang dilaksanakan oleh BPMPD itu sangat baik dalam rangka meningkatkan kinerja dalam memimpin Desa nantinya. Karena dengan bekal tersebut bisa menjadi modal untuk peningkatan Kapasitas Kepala Desa se- Kepulauan Meranti.

"Mudah-mudahan dengan bekal ini dapat menjadi modal untuk meningkatkan kinerja terutama dalam bidang pelayanan kepada masyarakat nantinya," harapnya.

Kegiatan diklat Kepala Desa dilanjutkan dengan orientasi kelapangan dengan mengunjungi Desa Karang Rejek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Disana Kades se- Meranti melihat bagaimana pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), pengelolaan Peraturan Desa (Perdes), pengelolaan PKK dan lainnya yang membuat Desa Karang Rejek tersebut menjadi langganan Desa terbaik di tingkat Nasional.

"Kegiatan ini sangat berguna bagi kami untuk mendapatkan bekal dan pola yang dilakukan Desa Karang Rejek, sampai menjadi yang terbaik. Terutama dalam pengelolaan Bumdes, Perdes dan pengelolaan PKK," ujar Kades Lemang, Kecamatan Rangsang Barat, Edi Murkhan kepada wartawan.***
Ads