DURI, GORIAU.COM - Intsiawati Ayus anggota DPD RI periode 2015-2020, kelahiran Teluk Belitung Pulau Padang, kabupaten Bengkalis sebelum pemekaran saat ini menjadi Kabupaten Kepulauan Meranti, siap maju menjadi calon Bupati Bengkalis dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bengkalis bulan Desember mendatang. Saat ini dirinya optimis akan didukung oleh lima partai yang ada di Indonesia, yang siap mengusung dirinya.

"Saat ini pencerdasan politik masyarakat dan yang terutama peran pers dalam setiap tahapan Pilkada. Harapan besar terhadap insan pers dalam mencerdaskan masyarakat tentang Pilkada Bengkalis sangat perlu menurut saya," ungkap Intsiawati Ayus kepada GoRiau.com saat jumpa pers di Kota Duri, Senin (8/6/2015) sore di Pondok Biru.

Sebagai tanda keseriusan dirinya maju dalam pertarungan Pilkada Bengkalis, dikatakan Intsiawati Ayus, selama dua bulan terakhir ini terus menjalin komunikasi dengan partai yang mewajibkan mahar maupun yang tidak mewajibkan mahar.

"Komunikasi yang saya lakukan dengan partai pengusung yang ada, akan melakukan survei terhadap saya ditengah-tengah masyarakat," kata Intsiawati Ayus, yang tersirat ingin maju menjadi calon Bupati Bengkalis pada minggu kedua bulan Mei lalu. Karena baginya kegagalan pembangunan akibat dari lemahnya komunikasi legislatif dan eksekutif.

Menurutnya pembangunan di Kabupaten Bengkalis harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk pembangunan bengkalis sangat ironis. Apalagi Kabupaten Bengkalis telah digaungkan sebagai kabupaten terkaya dan DBH kedua terbesar se Indonesia, APBD urutan ketujuh se Indonesia terbesar.

"Permasalahan kedua yang saat ini masih terpelihara, yaitu batas wilayah administrasi, batas konflik lahan, peruntukan lahan untuk tata guna, untuk empat daerah otonomi, pemerintah daerah tidak serius. Karena itu bahagian pembangunan harus merata dan itu tidak ada di Bengkalis," pungkasnya.

Kabupaten Bengkalis merupakan miniatur Provinsi Riau, dalam setiap permasalahan yang ada, dikatakannya lagi. Meskipun belum pernah berpartai, Intsiawati Ayus, menjelaskan, terukur kepantasan seorang calon yang menjadi pilihan partai-partai. "Apalagi saya belum pernah berpartai. Kenapa saya ingin ikut merebut peluang sebagai calon Bupati Bengkalis, karena sebagai anggota DPD saya keliling lokalnya Riau dan regionalnya indonesia," ungkapnya lagi kepada GoRiau.com.

Kalau pun dirinya dipinang untuk nomor dua, ia lebih memilih maju untuk Riau satu di 2018 nanti.(ric)